KTM RC 390 2016

SolusiMobil.com - KTM menawarkan sentuhan baru pada RC 390 model 2016. Secara kasat mata tidak banyak berubah, namun pabrikan mengklaim update ini merupakan masukan dari pengendara, dan kebutuhan supaya lulus standar emisi Euro4.


Dikutip dari Dapurpacu, perubahan paling mencolok yaitu knalpot baru yang sekarang berada di sisi kanan, bukan lagi di bawah ‘perut’ seperti model sebelumnya. Ubahan ini turut mengubah desain fairing bawah yang terlihat lebih slim dengan mengekspos blok mesin.

Desain knalpot baru juga membawa perubahan pada pijakan kaki pembonceng. Foot step belakang kini sekaligus berfungsi menjadi pegangan knalpot, layaknya motor ‘laki’ biasa semisal Honda CB150R maupun Yamaha Vixion.

Ubahan lain yaitu sistem throttle ride-by-wire yang disempurnakan serta tuas rem depan dan kopling adjustable alias dapat disesuaikan. Piringan cakram depan diperbesar 20 mm dibandingkan model sebelumnya menjadi 320 mm.

Model baru ini juga dipersenjatai slipper clutch (kopling anti selip) yang diklaim dapat membantu ketika motor masuk tikungan, karena roda belakang lebih ‘adem’. Slipper clutch bisa didapat terpisah dan dipakai di RC 390 model sebelumnya.

Tangki bahan bakar turut direvisi untuk menghindari penguapan bahan bakar. Kursi penumpang pun diberi tambahan busa 1,2 cm agar membuatnya lebih nyaman. KTM menjamin ubahan tidak berpengaruh terhadap bobot kering motor yang tetap 147 kg.[Gls/Wa]