Kawasaki Z900RS

SolusiMobil.com - Kabar yang menyebut Kawasaki mematenkan nama Z900RS untuk menghidupkan kembali nama Z900 bukanlah isapan jempol semata. Bahkan, Kawasaki telah mengantongi hak paten untuk motor ini.

 

Pada pertengahan pekan ini sejumlah media lokal Jepang kembali mewartakan hal tersebut. Pengajuan paten merek dagang Z900RS ini diajukan Kawasaki sejak beberapa bulan lalu. Sementara, beberapa sumber mengatakan nama Z900 yang digunakan untuk motor anyar bergaya retro itu mengacu pada salah tipe di keluarga seri Z.

 

Seri itu dibuat dalam beberapa tipe, antara lain Z900, 900 S4 dan KZ900  dan dijajakan ke berbagai belahan dunia dengan menggunakan nama lain seperti Z1000 atau KZ1000. Namun langkah itu terhenti pada tahun 1977 dengan alasan yang tak diketahui.

 

Kini, nama Z900 dihidupkan kembali karena Kawasaki disebut-sebut tak ingin memori tentang Z1 mati. Sedangkan imbuhan nama RS, menurut seorang sumber di Kawasaki, merupakan singkatan dari Retro Style yang merupakan gaya branding khas Jepang.

 

Strategi Kawasaki ini mirip dengan apa yang dilakukan Honda terhadap Honda CB1100. Saat hadir digelaran Osaka Motorcycle Show 2016 beberapa waktu lalu, pabrikan berlambang sayap mengepak itu memamerkan konsep Honda CB1100 naked bergaya retro klasik.

 

Adapun Z900RS diperkirkana mengusung mesin Z900 yakni 903 cc 4-silinder segaris dengan double overhead camshaft berpendingin udara. Sasisnya terbuat dari baja, dan joknya dirancang agar posisi pengendara tegak.

 

Hanya, hingga kini belum ada keterangan apapun kapan model anyar bertampang retro itu diproduksi dan dipasarkan. Namun, yang pasti, saat ini Kawasaki telah menjual model bergaya retro W800 di pasar domestik Jepang dan Eropa. [Dp/Wa]