VW Scirocco R

SolusiMobil.com – Kasus dieselgate sepertinya berdampak besar bagi VW, kasus ini melanda hampir setengah line up VW di Amerika Serikat. Jadi sangat wajar jika VW kini benar-benar bekerja keras untuk mengembalikan kepercayaan publik. Nyawa bisnis memang kepercayaan, ketika kepercayaannya mulai diragukan pasti orang menjadi enggan untuk menoleh kembali.

 

Saat pertemuan antar pekerja VW di gedung pusat, CEO VW Group Matthias Mueller memberikan pendapat bahwa implikasi akibat Dieselgate akan membuat perusahaan menjadi sibuk dalam waktu yang lama. Dikutip dari Autonetmagz, bahkan ditambahkan oleh salah satu anggota petinggi VW, Stephan Weil, kedepannya VW akan diterpa oleh isu dan berita yang tidak sedap, hal ini dimulai saat jaksa umum Jerman mulai memperdalam investigasi kasus ini.

 

“Mulai tahun ini bahkan mungkin tiap waktu, kita akan dikonfrontasi oleh berita-berita yang tidak sedap berhubungan oleh kasus dieselgate ini. Tidak akan sedikit isu ini nantinya berkembang saat ini namun untungnya Volkswagen masih memiliki substansi ekonomi yang kuat,” terang  Stephan Weil.

 

Setelah memperluas penyelidikan mereka, jaksa Jerman di Brunswick rencananya akan menginvestigasi 17 pekerja dan ini meningkat dibandingkan sebelumnya yang hanya menyelidiki 6 pekerja saja. Jaksa Klaus Ziehe mengatakan pada media bahwa “Ini adalah bagian dari investigasi dieselgate, kami sudah memegang berapa tersangka yang terlibat di skandal ini, meskipun tidak ada salah satu dari mereka yang berasal dari pimpinan manajemen.”

 

Untuk tahun lalu VW sudah menyisihkan tidak kurang dari 6.7 miliar euro (Rp.96 trilyun) untuk membayar biaya recall sejumlah 11 juta unit mobil VW Group yang bermesin diesel. Angka tersebut belum termasuk beberapa milyar euro lagi untuk membayar denda dan uang kompensasi. Dana dan konsumen dengan jumlah yang tidak sedikit inilah membuat VW Group harus berkembang sambil tersangkut skandal dalam waktu lama seperti kutukan. (Yk/Wa)