Jaguar Land Rover dengan sensor Off-Road

SolusiMobil.com - Kemajuan teknologi dari Jaguar Land Rover menunjukkan temuannya yang memungkinkan pengendara tak perlu lagi memutar atau menekan tombol memilih medan jalan.


Autonomous all-terrain driving, merupakan teknologi masa depan berupa sensor ultrasonic yang dapat memahami jenis permukaan jalan dengen mendeteksi kondisi jalan lima meter di depan. Dilansir Dapurpacu, sensor tersebut akan mendeteksi berbagai permukaan jalan mulai dari rerumputan, aspal, pasir, salju. sehingga kendaraan akan benar-benar siap dengan sistem gerak empat rodanya.

Bahkan permukaan yang tak rata atau jalanan rusak bisa dideteksi secara detail. Kendaraan akan melambat, termasuk mendeteksi kedalaman air. JLR menyebutnya Surface identification dan 3D Path Sensing. Fitur lainnya yang ditampilkan adalah “Off-road Connected Convoy” menggunakan komunikasi antar mobil sehingga dapat membantu meringankan pengendara.

“Penelitian berkendara otomatis di berbagai kondisi jalan tidak sekadar mobil melaju tanpa pengendara di jalan raya maupun di situasi medan off-road yang ekstrim, fitur ini juga membantu pengendara dan memungkinkan mobil otomatis tersebut melakukan cara yang aman di berbagai situasi jalanan,” ujar Tony Harper, Head of Research, Jaguar Land Rover.