Suzuki SX4 S-Cross 2016

SolusiMobil.com - Suzuki melaporkan kepada pihak  Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) di Jepang bahwa ada 16 kendaraan dalam investigasi perihal manipulasi efisiensi bahan bakar.


Adapun Suzuki melihat ada perbedaan yang ditemukan dalam proses pengujian emisi dan efisiensi bahan bakar dari regulasi MLIT dan metode sebenarnya yang dilakukan oleh Suzuki. Sehingga Suzuki perlu untuk melaporkan masalah ini.

“Kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang mendalam kepada semua pelanggan kami dan stake holder tentang masalah ini,” ujar perwakilan dari Suzuki.

Dilansir Dapurpacu, Suzuki menjabarkan bahwa ditemukan bukan data sebenarnya diukur dari mobil ketika berjalan, data resistan berkendara diukur dari masing-masing komponen seperti ban, rem dan transmisi dan hambat gulir serta uji terowongan angin ketimbang mobil diuji saat melaju.

Pihak Suzuki juga menjelaskan bahwa lokasi uji yang dimilikinya yakni Sagara Proving Ground berlokasi di bukit berdekatan dengan laut. Secara singnifikan pengaruh cuaca dan angin akan sulit melakukan pengujian.

Diyakini dengan aplikasi teknologi efisiensi bahan bakar dan mengurangi hambat gulir serta berat kendaraan memiliki kecenderungan lebih besar terpengaruhi angin sehingga hasilnya berbeda-beda.

Dalam kasus mengadopsi ban dengan rendah hambatan gulir sebagai contoh sulit untuk melihat efeknya tanpa variasi dalam data dan harus melakukan serangakaian lebih tes.

Selama masih dalam penyelidikan, pihak Suzuki juga mengukur kembali data aktual melalui tes jalan meskipun sudah memiliki data yang dimohonkan saat sertifikasi.

“Oleh karena itu kami menggangap tidak perlu mengubah penerapan nilai hambatan saat berkendara ataupun nilai efisiensi bahan bakar diukur dengan mengunggunakan resistensi berkendara.”

“Adapun perihal kadar emisi tersebut diyakini sudah melalui standar keselamatan dan kami menganggap tidak memiliki masalah apapun. Suzuki menjamin pengguna masih bisa mengendarainya dengan nyaman.”[Kc/Wa]

Mini-vehicles
Alto (22 Desember 2014)
Alto Lapin (3 Juni 2015)
Wagon R (19 September 2012)
Hustler (8 Januari 2014)
Spacia (15 Maret 2013)
Every (18 Februari 2015)
Carry (20 September 2013)
Jimny (Perubahan di 2010)

Kendaraan SUV atau Sedan
Solio (26 Augustus 2015)
Ignis (18 Februari 2016)
Baleno (9 Maret 2016)
SX4 S-CROSS (19 Februari 2015)
Swift (18 September 2010)
Escudo 2.4 (Perubahan di 2012)
Escudo (15 Oktober 2015)
Jimny Sierra (Perubahan di 2010)