Paul Shoesmith

SolusiMobil.com - Paul Shoesmith, pebalap asal Inggris menghembuskan nafas terakhir di ajang Isle of Man TT 2016, (6/6). Veteran berumur 50 tahun tersebut mengalami kecelakaan fatal saat sesi latihan malam di Sulby Straigth setelah race pertama.


Dikutip dari Dapurpacu, sebelumnya pada hari yang sama, Paul sempat turun di kelas Superbike TT menggunakan BMW S1000RR. Pebalap asal Poynton, Inggris tersebut finish di urutan 29 dengan kecepatan rata-rata 194 kpj.

Kematian Paul menjadi haru, sebab Juni tahun lalu ia pernah menulis di akun Facebook untuk berhenti balapan. Setelah Franck Petricola, teman seperjuangannya juga menghembuskan nafas terakhir di balapan yang sama.

“Saya masih berjuang mengetahui apa yang terjadi, tapi itu tidak penting sekarang karena dia sudah pergi. “Saya akan merasa mudah untuk berkemas dan pulang, tapi saya tidak berpikir itu jawabannya.”

“Kami berada di TT, road race paling bergengsi di dunia, kita semua menerima bahaya dan jika saya kehilangan hidup saya di sini saya ingin menunjukkan untuk melanjutkannya,” kata ayah empat anak tersebut.

Balapan Maut
Isle of Man TT (Tourist Trophy) memang bukan untuk mereka yang lemah. Balap motor jalan raya ini merupakan kompetisi ‘paling sadis’ di muka bumi. Sejak dimulai pada 1907 tercatat ada 240 rider yang tewas.

Kejadian paling mematikan tercatat pada tahun 1970. Enam pebalap kehilangan nyawa saat terlibat kecelakaan di balap motor tahunan yang diadakan di sebuah pulau kecil- Isle of Man, di perairan Kerajaan Inggris.

Tidak hanya untuk para pebalap, maut juga mengintai penonton. Pada 2013, Jonathan Howarth menabrak kerumunan di lap pertama dan melukai 11 penonton. Kejadian ini hanya selang 10 hari setelah Yoshinari Matsushita tewas  saat sesi kualifikasi.[Gls/Wa]