Smart Fortwo Electric Drive

SolusiMobil.com - Sepertinya pemerintah India sudah sadar kalau beberapa kota di negara mereka adalah tempat yang memiliki kadar racun udara tinggi, dan salah satunya disebabkan oleh gas buang kendaraan. Kemarin, pemerintah Delhi menyatakan niatnya untuk membatasi ruang gerak mobil diesel berkapasitas besar di wilayahnya, khususnya di atas 2.000 cc. Kalau di bawah itu, masih boleh beredar di Delhi.

 

Piyush Goyal, Menteri Energi India berbicara kepada India Times kalau India siap berjalan lebih jauh lagi ke arah zero emission.”India bisa jadi negara pertama yang kendaraannya 100% bertenaga listrik. Kami mencoba membuat program ini berjalan dengan self-financing. Kami tidak butuh dana sepeser pun dari pemerintah India atau rakyat India,” katanya.

 

“Kami akan mengadakan pertemuan di minggu pertama bulan April, dan melihat apa India bisa menjadi negara dengan 100% kendaraan listrik pada tahun 2030. Kami berusaha untuk melihat apakah kita dapat menggunakan listrik yang biayanya lebih murah untuk mobil anda. Kami berpikir untuk skalanya. Kami berpikir untuk memimpin dunia daripada mengikuti dunia. India akan menjadi negara terbesar pertama di dunia untuk memikirkan skala itu,” tambahnya.

 

Bagaimana cara India bisa menarik warganya untuk pindah dari mobil biasa ke mobil listrik? Selain infrastruktur untuk pengisian energi mobil listrik, mereka sedang mengkaji sistem pembelian mobil listrik. Salah satunya adalah bagi mereka yang tertarik untuk punya mobil listrik, bisa langsung mulai mencicil mobil itu dengan zero down payment. (Anm/Wa)