Smart Fortwo Electric Drive

SolusiMobil.com - Keberadaan mobil listrik akan semakin populer dalam beberapa tahun ke depan. Tidak hanya di negara-negara maju yang ada di Amerika dan Eropa, namun juga kawasan Asia. Setelah Tiongkok yang terus merombak infrastruktur guna memfasilitasi keberadaan mobil listrik, kini giliran India yang bertekad menekan emisi gas buang dengan cara mendorong penggunaan mobil listrik.


Jalanan India diharapkan akan dipenuhi 100 persen oleh mobil listrik pada 2030 mendatang. Pemerintah India pada 2013 lalu telah meluncurkan program National Electric Mobility Mission Plan, yang isinya mendorong penggunaan kendaraan listrik serta mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

Selain itu, pemerintah India juga berniat memberikan subsidi untuk setiap kendaraan listrik yang dijual, guna menekan jumlah peredaran mobil berbahan bakar fosil. Bukan hanya itu, India juga rupanya sangat serius terhadap implementasi teknologi kendaraan listrik, dengan menawakan bantuan pada produsen mobil.

Kendati berniat untuk menjadi yang pertama dalam hal penggunaan mobil listrik, namun Menteri Listrik Batu Bara dan Energi Terbarukan India Piyush Goyal mengatakan, pemerintah tidak akan seterusnya memberikan insentif.

Nantinya, konsumen diharapkan akan dapat membeli mobil listrik tanpa perlu mengeluarkan uang muka.  Goyal juga mengusulkan, tarif listrik tidak perlu dinaikkan, karena hal itu bagian dari strategi program tersebut.

"Inovasi adalah mungkin. Itu hanya membutuhkan pikiran yang terbuka. Anda perlu memikirkan skala dan kejujuran," ujarnya.[Vv/Wa]