Konsep Hyundai RM16 N

SolusiMobil.com - Hyundai ingin membuat car enthusiast Korea Selatan kagum pada gelaran Busan Motor Show 2016 dengan menghadirkan konsep sportscar ketiga mereka. Sebelum ini seperti yang kita ketahui mereka sedang gencar-gencarnya membangun image dan pengembangan terhadap brand sport terbaru mereka divisi-N. Model yang menjadi perlambangan divisi N adalah Hyundai RM 15 bermesin tengah dan berbasis Veloster.


Dikutip dari Autonetmagz, kini pada ajang otomotif di Korea Selatan, Hyundai divisi N memamerkan generasi terbaru ‘Project-RM’ sportscar midship bernama Hyundai RM16 N Concept. Secara tampilan, model ini masih menyiratkan basis Veloster namun kini dari segi tampilan jauh berbeda dibanding pendahulunya yang masih identik. RM sendiri adalah kepanjangan dari Racing Midship dan 16 adalah berasal dari tahun 2016.

Tampilan dari RM16 N Concept ini bisa dibilang jauh lebih garang dan lebih mudah dicerna di mata, seperti pemakaian headlamp sipit, air intake super besar dan rendah serta kap mesin lebih rendah dan rapat. Asyiknya tampilan RM16 ini sepertinya memang lebih dekat pada versi produksi massal nantinya. Selain itu distribusi bobotnya sendiri berbeda dengan pendahulunya dengan 43% di depan dan 57% di belakang. Selain itu berbagai bodi dan panelnya mengadopsi carbon fiber renforced plastic (CFRP) yang duduk manis di sasis yang menggunakan alumunium space frame.

Menilik mesinnya, sebenarnya masih serupa dengan konsep RM15 yang menggunakan mesin 2.0-liter T-GDI yang dikombinasikan dengan supercharger elektris sehingga menghasilkan tenaga 296 HP dan torsi 383 Nm. Tenaga yang berlimpah ini disalurkan dengan transmisi manual 6-speed ke penggerak roda belakang melalui electronic limited slip differential (E-LSD). Menyeimbangkan dengan tampilan dan suaranya, maka mobil ini juga disematkan sejenis electronical-variable exhaust system agar suara knalpotnya lebih ‘maskulin’.

Jujur saja melihat konsep terbaru dari Hyundai ini sangat susah bagi kami untuk tidak tertarik dengannya. Selain lebih enak dicerna, Hyundai pun berhasil membuat aura mobil ini menjadi lebih spesial, tidak terlihat seperti dress up dari model yang sudah ada. Semoga saja versi produksi massalnya benar-benar tampil seperti ini, pastinya ada juga car enthusiast yang merindukan hatchback midship yang dulu sempat muncul seperti Renault Clio V6 atau Peugeot 205 T16.