Robot buatan Hyundai

SolusiMobil.com - Hyundai bereksperimen untuk menghadirkan produk turunan selain mobil sebagai alat transportasi. Raksasa asal Korea Selatan ini memperkenalkan ExoSkeleton, atau lengan robot yang juga dapat dikembangkan untuk fasilitas industri dan militer.


Hyundai mengatakan lengan robot ini mampu membuat pemakainya mengangkat benda berat lebih dari 60 kg. Diklaim, ini akan menjadi gebrakan baru yang tidak hanya pamer kecanggihan robot, namun juga berguna dalam kehidupan manusia.

Hyundai-Wearable-Robot-2

Hyundai ExoSkeleton pada dasarnya terinspirasi dari karakter superhero Marvel seperti Iron Man. Namun desain keseluruhannya terinsiprasi dari film Aliens, yaitu perlengkapan ‘perang’ yang diperankan oleh Sigourney Weaver.

Saat ini, Hyundai exoskeleton masih tahap prototipe. Pabrikan tidak merinci apakah akan membuat versi produksi atau tidak. Secara keseluruhan, exoskeleton merupakan pengembangan dari H-LEX (Hyundai Lifecaring ExoSkeleton).

Bedanya, H-LEX yang sudah diluncurkan tahun lalu lebih menuju pada alat bantu penderita cacat, atau digunakan untuk rehabilitasi fisik. Beban yang dapat diangkut juga lebih rendah dari ExoSkeleton, hanya berkisar 11 sampai 12 kg.[Gls/Wa]