Honda NSX Type R

SolusiMobil.com – Bagi petrolhead tentunya sudah paham tetang versi performance dari mobil-mobil yang aslinya sudah kencang. Seperti Lamborghini Aventador SV, Ferrari 458 Speciale, Mercedes Benz SLS AMG Black Edition, Audi R8 V10 GT dan masih banyak yang lainnya. Bicara mengenai mobil kencang Honda yaitu NSX, pasti juga akan ada versi performance. Benar sekali, saat ini Honda sedang disibukkan dalam pembuatan NSX Type R.

 

Dikutip dari Autonetmagz, resep pembuatan NSX Type R baru sedikit banyak mirip dengan NSX-R NA1 atau NA2 lawas, termasuk soal pemangkasan bobot dengan perampingan mekanisme hybrid-nya. Sekedar tahu saja, sistem hybrid NSX yang terdiri dari motor listrik, baterai dan lain-lain bisa berbobot 150 kg jika ditotal, dan itu adalah satu dari sekian hal yang membuat NSX baru memiliki massa yang begitu berat jika dibanding NSX lama. FYI, NSX sekarang beratnya 1.724 kg, kalau NSX dulu paling berat 1.440 kg. Buset, selisih 284 kg, berat di teknologi kali ya?

 

Tapi sebenarnya kami masa bodoh dengan bobot seberat itu jika larinya bisa kencang, karena kuncinya adalah engineering dan desain yang bagus. Contoh, Nissan GT-R R35 yang bobotnya 1.740 kg saja bisa lebih kencang dari Ferrari 458 di drag race 402 m, tapi Lexus RC-F yang beratnya 1.795 kg larinya tidak kencang dibanding Porsche Cayman GT4. Percontohan Nissan GT-R dan Lexus RC-F adalah sampel yang baik untuk menunjukkan bagaimana membuat mobil yang berat bisa jadi kencang atau lamban. Sekali lagi, engineering dan desain adalah kuncinya.

 

honda_nsx-2

 

Kembali ke NSX Type R. Honda akan membuat NSX Type R memiliki penggerak RWD, bukan AWD seperti NSX sekarang. Caranya dengan membuang motor listrik yang menggerakkan roda depan dan beberapa komponen hybrid yang membuat mobil lebih enteng. Sebagai referensi, mereka akan memakai NSX versi Pikes Peak sebagai bahan studi, karena itu adalah NSX RWD yang mereka punya. NSX Pikes Peak itu memakai turbo dan supercharger tanpa sistem hybrid untuk mengurangi gejala lag, jadi sama seperti Golf TSI MkVI yang pakai turbo dan supercharger.

 

Nick Robinson, Dynamic Development Leader Honda NSX kalau mereka akan memasukkan satu mode berkendara spesial yang akan mematikan ABS dan motor listrik pada NSX Type R, biar bisa diajak “nakal” bagi yang suka drifting. Mungkin maksudnya mirip mode “Corsa” di Lamborghini atau “CST” di Ferrari yang mematikan semua asistensi berkendara ya? NSX Type R baru juga akan disematkan perangkat aerodinamika aktif, tidak seperti NSX sekarang yang tidak punya hal tersebut.

 

“Ada keinginan besar dari Honda untuk membuat hal ini, dan harapannya adalah NSX baru akan menjadi awal kembalinya budaya sport Honda, dan NSX Type R adalah langkah berikutnya,” kata Nick.”Banyak sektor di mana kami bisa membuang bobot yang tidak perlu. Kami ini Honda, jadi soal biaya (untuk bahan-bahan bagus di mobil biasa) pasti kami pertimbangkan, tapi untuk mobil edisi spesial seperti ini? Kenapa tidak?”

 

Tapi jika NSX Type R terlalu berlebihan untuk anda, Honda juga akan membuat NSX convertible, diklaim dengan wujud yang mirip dengan replika NSX yang muncul di film The Avengers pertama. Ingat saat menjelang ending di mana Thor akan mengembalikan Loki ke alamnya? Waktu itu Tony Stark a.k.a Iron Man datang dengan Acura NSX convertible yang pastinya replika, karena waktu itu NSX belum diluncurkan.(Hs/Wa)