Honda Clarity

SolusiMobil.com – Untuk bersaing dengan Toyota dalam persaingan mobil hydrogen, Honda mengeluarkan Clarity. Mobil ini rencananya akan dipasarkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

 

Jantung mekanis sedan lima kursi ini adalah motor listrik dengan dinamo AC synchronous. Motor ini bekerja setelah hidrogen yang pada tangki disalurkan ke fuell cell stack  dan diubah menjadi energi listrik. Dikutip dari Dapurpacu, tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 174 hp pada 4.500 – 9.000 rpm. Sedangkan torsi puncak 300 Nm didapatkan pada 3.500 rpm.

 

Honda menyebut, dengan tangki yang terisi penuh  (141 liter) serta berbekal tenaga sebesar itu, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 750 kilometer. Jarak ini 30 persen klebih jauh dibanding mobil hidrogen sebelumnya.

 

Bahkan, sejumlah sumber mengatakan, jarak tempuh Clarity itu merupakan yang terbaik diantara mobil tanpa emisi yang ada saat ini. Dan yang pasti, kehadiran Clarity bakal menghadang laju gerak penjualan mobil hidrogen buatan Toyota – Mirai – yang kini tengah menerobos pasar Amerika dan Eropa.

 

Tampilan mobil ini tak jauh berbeda dengan versi konsepnya. Begitu pun dengan fitur canggih yang dikemas dalam Honda sensing, antara lain yakni Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, serta Collision Mitigation Braking.

 

Untuk mengimbangi langkah Toyota Mirai, Honda akan menggelontorkan mobil itu ke pasar Amerika dan Eropa sebelum akhir tahun ini. Sebelumnya, mulai Oktober tahun lalu, Toyota telah memasarkan Mirai di Amerika Serikat dengan banderol  Rp 780 juta. Motor listrik Mirai disebut menghasilkan tenaga hingga 151 hp. [Car/Wa]