Honda Gold Wing

SolusiMobil.com - Recall kendaraan yang menggunakan airbag Takata juga dialami oleh kendaraan roda dua. Badan keselamatan lalu lintas Amerika Serikat (NHTSA) mengumumkan penarikan untuk 2.701 unit Honda Gold Wing produksi 2006-2010.


Serupa dengan recall pada jutaan mobil sebelumnya, penarikan untuk Gold Wing terkait cacat pada inflator airbag. Pecahan logam yang terlontar ketika kantung udara mengembang berisiko mencederai pengendara.

Dilansir Dapurpacu, masalah cacat inflator airbag pada Gold Wing pertama kali ditemui pada 2008, namun NHTSA baru menggelar penyelidikan intesif pada 2014. Hasilnya ditemukan inflator produksi Takata berpotensi pecah ketika kecelakaan.

honda-gold-wing-motorcycle-airbag-system-explained


Dealer Honda akan mengganti modul kantong udara pada model yang terkena dampak secara gratis. Sayangnya, menurut Motorcycle.com, pasokan suku cadang baru tersedia paling telat pada akhir musim gugur (Oktober).

Cacat inflator yang dimaksud terjadi karena airbag menggunakan wafer propellent berbasis nitrat amonium. Bahan kimia ini seharusnya tetap kering, namun jsutru terdegradasi oleh kelembaban lingkungan, suhu tinggi dan penuaan.

Hal ini dapat menyebabkan pembakaran berlebihan ketika airbag diaktifkan. Menciptakan tekanan internal yang berlebihan kepada inflator (tabung), menyebabkan tubuh inflator pecah dan kemudian mengirimkan logam terbang.[Gls/Wa]