Honda Clarity FCV Jepang 2017

SolusiMobil.com – Semakin berkembangnya teknologi rotor listrik untuk mobil membuat para produsen banting setir untuk riset mobil listrik dibandingkan fuel cell hydrogen. Namun Honda, sudah menyempurnakannya dan mulai memasarkan model ramah lingkungan ini, kita kenal dengan nama Honda Clarity fuel cell. Tentu saja sebagai penjualan pertamanya adalah jepang dengan banderol sekitar  7,660,000 Yen (Rp.881 juta).

 

Meskipun mempunyai bentuk dan tema yang serupa namun Honda Clarity FCV agak berbeda dengan Honda Clarity FCX original. Model terbaru ini didesain lebih kaku dan tegas serta mempunyai garis bodi yang lebih bersih, selain itu seperti model Honda yang kekinian maka Clarity FCV menggunakan Solid Wing Face dengan headlamp LED ala mobil honda terbaru seperti Civic dan Accord. Untuk sektor kaki-kaki maka Clarity FCV menggunakan alloy velg berukuran 18 inchi.

 

2017-honda-clarity-fcv-japan-2

Memasuki interior maka kita akan menjumpai beberapa fitur standar Honda untuk membantu pengemudi dan juga lebih ke keamanan berkendara. Pada center cluster maka kita bisa menjumpai infotainment system dengan layar touchscreen besar yang mendukung piranti seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk masalah kapasitas, tempat duduknya yang dilapisi kulit ini dapat menampung sebanyak lima penumpang.

 

Seperti diberitakan Autonetmagz, Clarity FCV mempunyai sel fuel cell dengan dimensi yang lebih kompak 33% dibandingkan FCX namun kerapatan daya yang dihasilkan bisa mencapai 60%. Ukuran total dari mesin FCV ini sebanding dengan mesin 3.5-liter V6 yang diletakkan di depan sehingga menambah ruang kabin. Clarity FCV ditawarkan dengan tiga pilihan warna Premium Brilliant Garnet Metallic, White Orchid Pearl dan Crystal Black Pearl dengan interior berwarna Platinum Gray.

 

2017-honda-clarity-fcv-japan-3

 

Saat peresmian Honda tidak membeberkan spek resmi dari Honda Clarity FCV ini, tapi menurut informasi dari press release sebelumnya bahwa model ini mempunyai kapasitas sel fuel cell sebesar 100kW dan rotor listriknya dapat menghasilkan 174 hp. Saat mengisi bahan bakar dengan Hidrogen 70 MPa pada tangki hidrogen berkapasitas 141 liter, hanya membutuhkan waktu 3 menit. Dengan berat badan mobil sekitar 1.890 kg, jarak tempuh mobil ini dapat menghasilkan 750 km. Selain itu Honda memperkenalkan Power Exporter 9000 sebagai opsional FCV yang dapat mampu memasok sekitar listrik rumah tangga rata-rata selama 7 hari.

 

2017-honda-clarity-fcv-japan-5

 

Rencananya honda akan memasarkan Clarity FCV di Jepang dengan jumlah sekitar 200 unit. Setelah itu Honda akan lebih fokus untuk penyewaan Clarity FCV ini untuk keperluan badan pemerintah lokal atau keperluan bisnis. Nantinya setelah ini Honda juga akan memasarkan mobil ini di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Eropa dengan estimasi akhir tahun meluncur. (Yk/Wa)