Honda Civic Type-R

SolusiMobil.com - Honda Civic Type-R telah berhasil mencatatkan namanya sebagai pemegang rekor di 5 sirkuit balap di Eropa. Sirkuit terbaru yang berhasil dipecahkan ialah sirkuit Hungaroring, Hungaria.

 
Dikutip dari Dapurpacu, rekor yang dipecahkan adalah laptime tercepat untuk mobil produksi berpenggerak roda depan (FWD), mengandalkan mesin 2.0 liter turbo dan teknologi chassis canggih.
 
Kesuksesan Civic Type-R torehkan rekor mobil produksi FWD tercepat di Nurburgring Nordschleife menginspirasi Honda untuk melakukan hal serupa di lima sirkuit lainnya. Silverstone, Inggris menjadi yang pertama, dengan diraihnya laptime 2:31.85 detik pada bulan April lalu.
 
Setelah Silverstone, menyusul Spa-Francorchamps di Belgia dengan rekor 2:56.91 detik diraih bersama pebalap WTCC Rob Huff. Sirkuit Monza, Italia berikutnya di mana pebalap WTCC lainnya, Norbert Michelisz menorehkan 2:15.16 detik.
 
Beralih ke Portugal, rekor di Sirkuit Estoril pun ditaklukkan Civic Type-R dengan laptime 2:04.08 detik melalui Bruno Correia, jagoan WTCC lainnya. Terakhir, pada 6 Juni 2016 lalu, menjadi giliran Hungaroring yang ditaklukkan dengan mencatat 2:10.85 detik.
 
Honda mengklaim semua rekor tersebut diraih dengan kondisi mobil standar produksi, tanpa modifikasi mekanis apapun.