Honda BR-V

SolusiMobil.com - Setelah sukses menjadi negara pertama yang mendapatkan Honda BR-V, kini India menjadi negara ketiga setelah Thailand. Karena mobil ini dibuat di India, bukan Karawang, tentu saja spesifikasinya berbeda. Untuk pasar India, Honda BR-V tersedia dalam 2 buah pilihan mesin, mulai dari mesin bensin dan mesin diesel. Karena mesin bensinnya sama dengan yang ada di Indonesia, jadi tidak perlu kita bahas.


Seperti diberitakan Autonetmagz, untuk varian mesin diesel, mobil ini mendapatkan mesin diesel yang sama dengan Honda Mobilio yang ada di India. Tenaganya mesin 1.500 cc diesel ini bisa mencapai 100 PS di 3.600 Rpm dan torsinya di angka 200 Nm pada 1.750 Rpm. Sayangnya untuk varian diesel ini hanya tersedia transmisi manual saja, untuk automatic CVT ada pada mesin bensin.

Soal kelengkapan, nah ini yang kadang membuat saya merasa sedih. Honda BR-V India hadir lebih lengkap dibandingkan dengan varian Indonesia. Honda BR-V India terdiri dari 4 buah tipe mulai dari tipe E, S, V dan VX. Di varian V kita mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan varian BR-V Prestige di Indonesia, contohnya seperti Smart Entry dan Push Start button, Paddle shift untuk transmisi CVT, arm rest kursi tengah, setir model Honda Jazz lawas dan impact sensing auto door unlock.

Di varian VX lebih lengkap lagi, kita mendapatkan fitur-fitur yang lebih advanced dan mewah seperti jok, setir, shift knob berbalut kulit, bahkan door trim serta door armrest mobil ini juga sudah dibalut dengna kulit. Agar lebih nyaman lagi, Honda juga melengkapi kaca depan mobil ini dengan teknologi head absorbing windshield.

Namun bukan berarti versi Indonesia kalah telak, tidak juga sebenarnya. Di India, Honda BR-V tidak mendapatkan pembersih udara nano-e dan VSC di varian tertingginya. Sisanya masih sama seperti model yang kita temukan di Indonesia.

Dengan fitur yang lebih lengkap, Honda BR-V diperuntukan untuk melawan Renault Duster dan Ford Ecosport di negara sana, tapi Honda BR-V punya satu hal yang sulit untuk dilawan oleh kompetitornya, yaitu 7 tempat duduk penumpang. Disini Honda menang telak![Rh/Wa]