Uji tabrak Asean-NCAP Honda BR-V

SolusiMobil.com - Honda BR-V sebenarnya belum pernah dites tabrak oleh badan New Car Assessment Program (NCAP) untuk menguji keselamatannya. Nah, kalau sekarang, crossover 7 tempat duduk ini sudah selesai dites oleh Asean NCAP untuk mengetahui apa ia cukup baik atau tidak.

 

Tidak bisa dianggap enteng, Mobilio versi crossover ini bisa meraih skor 5 bintang, alias skor tertinggi dengan total nilai keseluruhan 14,79 poin dari maksimal 16 poin. Itu untuk perlindungan orang dewasa, sementara untuk perlindungan anak-anak, skor proteksinya ada di angka 72 persen. Memang belum tinggi-tinggi amat, tapi itu sudah bagus.

 

Perlu dicatat bagi anda, para konsumen yang lagi galau dengan BR-V, yang berhak atas skor 5 bintang adalah BR-V yang sudah punya stability control yang kalau di Honda, namanya VSA (Vehicle Stability Assist). Itu merupakan syarat wajib dari Asean NCAP untuk membuka kesempatan besar menuju hasil 5 bintang. Kalau tidak ada fitur VSA, maksimal sebuah mobil hanya akan diberikan 4 bintang saja oleh Asean NCAP.

 

Jadi, bagi pemilik BR-V varian lain yang tidak punya VSA, bisa dibilang mobil anda hanya punya skor terbaik sekitar 4 bintang di mata Asean NCAP, jangan terlalu pede mengklaim bintang yang satunya lagi. Selain VSA, fitur keselamatan lain yang menjadi perhatian Asean NCAP adalah jok ISOFIX, ABS, EBD dan airbags. Untungnya, BR-V punya fitur-fitur seperti itu, tapi VSA baru hasil di tipe termahal. [Anm/Wa)