Ford Model T

SolusiMobil.com - Pasangan kakek-nenek, Dirk dan Trudy Regter, ingin berkeliling dunia dengan menggunakan mobil Ford langka yang telah berusia 100 tahun, Ford Model T. Perjalanan  Kakek-Nenek ini dimulai pada tahun 2012.

 

Kisah perjalanan awal  pasangan itu telah diabadikan dalam rekaman video berjudul ‘Around the World in a Ford Model T’. Kata-kata pencerah dari pendiri Ford Motor, mendiang Henry Ford terpampang pada pembukanya.

 

Perjalanan ini memantik perhatian orang karena keduanya bukan tokoh terkenal, apalagi berpredikat sebagai penjelajah profesional. Mereka hanyalah sepasang suami-istri asal Belanda, yang berusaha mewujudkan mimpi mengelilingi bumi di saat usianya tidak muda lagi.

 

Perjalanan epik Dirk dan Trudy Regter dilalui dalam beberapa tahap. Etape pertama berlangsung pada 2012, keduanya memulai perjalanan dari Edam, Belanda, menuju ke Cape Town, Afrika Selatan dengan total tempuh sejauh 22 ribu km.

 

“Di Afrika kami harus mengelas roda depan yang rusak di pandai besi lokal,” kata Dirk. “Aku cukup berguna dalam menggunakan obeng, palu, beberapa lakban, tali pembungkus dan tali tensioning untuk pergi ke tempat yang jauh,”  ucap Dirk.

 

Etape kedua berlangsung satu tahun kemudian pada 2013, dari Amerika Serikat ke Kanada sejauh 28 ribu km selama 180 hari. Sedangkan etape ketiga berlangsung pada 2014. Rute yang dipilih yaitu menyusuri beberapa negara di Amerika Selatan selama 180 hari sejauh 26 ribu km.

 

Pada 2014 setelah etape kediga, dalam perjalananpulang ke Belgia, mobil mereka tertabrak truk di jalan tol. Beruntung keduanya hanya mengalami luka ringan. Namun Ford mole T 3.0-liter tersebut mengalami rusak berat, terutama pada as roda depan dan belakang.

 

Kini setelah lama ‘beristirahat’, Dirk dan Trudy siap menempuh babak baru. Keduanya berencana kembali lagi ke jalanan, dengan mengunjungi Selandia Baru, Australia, Indonesia, dan India. Titik akhir perjalanan direncanakan meretas pada 2017 di Eropa Tengah.[Gls/Wa]