Ecoblue

SolusiMobil.com - Di saat sedang ramai kericuhan akan teknologi mesin diesel, Ford Motor Company justru memutuskan untuk tidak ikut dalam kegaduhan teknologi tersebut.

Dikutip dari Dapurpacu, Ford sedang mempersiapkan teknologi mesin Ford EcoBlue 2.0 sebagai sebuah “Diesel Game Changer”. Mesin Ecoblue ini teknologinya lebih baik lagi dibandingkan EcoBoost. Ecoblue mempunyai teknologi mesin diesel baru dengan efisiensi bahan bakar lebih baik dan mengurangi CO2 lebih dari 10 persen.

Berdasarkan desainnya, Ford EcoBlue telah dikembangkan dengan tiga hal dalam pikiran yaitu efisiensi bahan bakar, kinerja, dan perbaikan.

Ford Motor Company janji mengurangi karbon dioksida dan emisi NOx. Mesin yang ditawarkan dalam output mulai dari 98,6 hp sampai 236,7 hp, Empat silinder mesin diesel 2.0-liter memberikan 20 persen lebih torsi pada 1.250 rpm dibandingkan dengan 2.2 TDCi.

Beberapa teknologi yang masuk ke pembuatan diesel 2.0 Ford EcoBlue meliputi: rendah inersia turbocharger yang memiliki “bahan mesin roket,” cermin-gambar port untuk bernafas mesin yang lebih baik, tekanan tinggi sistem injeksi bahan bakar, camshaft modular, off set engkol.

Mesin ini juga dipercaya memiliki standar ketahanan untuk penggunaan ekstrim di pasar yang beragam seperti Eropa, AS, dan China.[Res/Wa]