Ford EcoSport Eropa

SolusiMobil.com - Penjualan crossover Ford EcoSport tahun lalu diklaim naik 30 % dibanding tahun 2014. Dengan pencapaian ini, Ford bakal mencoba merambah pasar Eropa dan memindahkan proses produksi dari India ke Rumania.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, Ford Motor Company akhir pekan lalu mengatakan, pihaknya menggelontorkan investasi senilai 200 juta euro atau sekitar Rp 2,96 triliun untuk membangun pabrik di Craiova, Rumania. Pabrik itu memproduksi EcoSport dengan spesifikasi untuk pasar Eropa mulai musim gugur 2017.

 

“Mengingat prospek penjualan segmen SUV kecil, crossover, yang terus bertumbuh di Eropa, ini adalah saat yang tepat untuk memindahkan produksi ke Eropa dan mengambil keuntungan dari (ongkos) tenaga kerja yang sangat baik,” kata Jim Farley, presiden dan CEO Ford Eropa.

 

Adapun pabrik Ford yang berada di Chennai, India, yang selama ini membuat EcoSport masih akan tetap beroperasi. Dia akan tetap memproduksi crossover kecil untuk pasar domestik dan ekspor ke negara-negara tertentu.

 

Pabrikan asal Detroit, Amerika Serikat, tersebut mematok target penjualan EcoSport sebanyak 200.000 unit saban tahunnya di Eropa. Hanya soal mesin dan fitur yang bakal di mobil itu hingga kini belum diungkapkan. [Car/Wa]