Mesin Ford EcoBoost 1.0L 3 silinder

SolusiMobil.com - Kecil di sini maksudnya adalah mesin di bawah 1.000 cc. Juri-juri dari International Engine Of The Year sepertinya antara kagum, takjub dan bingung dengan Ford, karena mesin 1.000 cc 3 silinder EcoBoost-nya sudah 5 kali menjadi mesin terbaik untuk kelas 1.000 cc ke bawah, padahal ada banyak mesin baru dengan spek mirip, misalnya Honda dengan VTEC Turbo, Suzuki dengan BoosterJet dan lain-lain, kapasitasnya pun mirip.

 
“Mesin ini menang penghargaan International Engine Of The Year sebelumnya, 3 kali berturut-turut, dan sampai sekarang pun masih mendapat kekaguman serta dukungan dari juri, sangat menunjukkan betapa spesial mesin Ford Ecoboost,” kata Dean Slavnich, co-chairman penghargaan International Engine of the Year ke-18.
 
Dikutip dari Autonetmagz, ada sebuah hitungan kalau nilai horsepower per liter dari Ford Ecoboost jauh lebih baik daripada hypercar Bugatti Veyron. Masa? Ya sudah, kita hitung sendiri. Di luar sana, mesin Ford Ecoboost bisa menghasilkan tenaga terbaik hingga 140 PS dengan kapasitas hanya 1 liter. Ada sih yang bisa 170 PS, tapi karena itu buat balap, tidak imbang bila hitungannya kita jadikan sebagai acuan, harus pakai setting yang bisa buat harian.
 
fiesta
 
Nah, 140 PS / 1 liter. Ingat bila kapasitas mesin Veyron adalah 8 liter, jadi jika angka 140 PS itu dikali 8, dapatlah angka 1.120 PS / 8 liter. Iya sih, kalau dibandingkan Veyron generasi awal memang menang, karena Veyron generasi awal waktu itu “hanya” 1.000 PS/ 8 liter, tapi kan ada Veyron Super Sport yang sudah tembus 1.200 hp, jadi rasanya belum kelewat dahsyat. Biar begitu, tetap layak diapresiasi mesin EcoBoost ini.
 
Karena mesin ini banyak sekali dipakai di mobil-mobil Ford – sebut saja Fiesta, B-Max, C-Max, Grand C-Max, Focus, EcoSport, Tourneo, Transit Tourneo, Transit Connect, Transit Courier, dan Mondeo – kini setiap 1 dari 5 mobil Ford yang terjual di Eropa sudah memakai mesin 1.000 cc EcoBoost, dengan rentang tenaga yang dihasilkan mulai 100 PS hingga 140 PS. Meski demikian, Ford juga ingin bermain dengan mesin EcoBoost mereka yang lain.
 
Sebutlah mesin 2.300 cc EcoBoost pada Mustang dan Focus RS, atau mesin 3.500 cc V6 EcoBoost di Ford GT serta F-150 Raptor. Selain mesin bensin, Ford siap memamerkan kebolehan mesin diesel mereka berjudul EcoBlue, yang konon akan menjadi game changer di segmen mesin diesel.