Ford Figo

SolusiMobil.com – Saat ini Ford membuat dua jenis supermini Ka, pertama adalah Ford Ka yang anda kenal di Eropa sebagai supermini yang berbagi platform dengan Fiat 500. Kedua adalah Ford Ka Brazil yang juga dijual di India dengan nama Ford Figo. Jika di Indonesia mobil ini mempunyai dimensi yang serupa dengan Honda Brio maupun Mitsubishi Mirage. Nah rupanya model ini membuat Ford tertarik memboyong ke Eropa.

 

Seperti yang kita tahu di berita sebelumnya bahwa Ford pusat kembali memperketat sabuknya mengingat minimnya surplus yang didapat di sejumlah tempat. Hal ini mengakibatkan penutupan ATPM Ford Indonesia dan Jepang, penutupan pabrik di Eropa dan pengurangan line up Ford. Isu yag berkembang adalah line up Ford yang penjualannya tidak menggembirakan akan disikat, salah satunya adalah Ford Ka versi Eropa. Di sisi lain kami mendapat berita bahwa Ford akan segera mengisi kelas supermininya.

 

Berita ini justru makin gamblang setelah AutoExpress memberikan informasi bahwa Ford akan menjual supermini ini dengan nama ‘Ka+’ yang segera diperkenalkan di Eropa. Model ini adalah model yang sama dengan yang dijual oleh Ford di Brazil dan di India dengan chassis serupa dengan Ford Fiesta generasi sekarang, lima pintu dan lebih practical. Sayangnya dari segi tampilan sebenarnya Ford Ka yang satu ini tidak bisa dibilang ganteng, entah apakah ada improvment kembali dari Ford atau tidak.

 

“Jangan berpikir kalau ini mobil murah. Model ini sangat roomy, biaya kepemilikannya pun sangat rendah dan mempunyai kedinamisan mengemudi layaknya Fiesta. Kami akan menggantikan Ka dengan New Ka+ untuk melengkapi segmen tersebut,” Jelas CEO Ford of Europe, Jim Farley.

 

Dikuti dari Autonetmagz, model ini menggunakan platform Ford Fiesta sekarang sehingga kedinamisan Fiesta pun sudah seharusnya tertular di Ka+ ini. Mesinnya pun juga menggunakan unit Fiesta seperti mesin EcoBoost serta dilengkapi infotainment system berukuran 4.2-inchi, MID TFT berukuran 2,3-inchi, climate control serta setir yang dilapisi kulit.

 

Ford Ka+ akan segera dijual di Eropa pada kuartal kedua tahun ini dengan harga berkisar £8,000 – £10,000 alias Rp.148 – 185 juta. Untuk mendukung agar ongkos produksinya tetap rendah, model ini akan dirakit di negara berkembang, dan kami curiganya sih India. (Yk/Wa)