Fisker

SolusiMobil.com – Produsen mobil sport Fisker yang membuat Karma akhirnya dibeli oleh perusahaan besar asal China, Wanxiang pada tahun 2014 kemarin. Tahun ini, harusnya mereka kembali ke pasaran sebagai Karma, bukan lagi Fisker, mengingat mereka sudah berganti nama dan logo, plus punya fasilitas produksi baru di sekitaran California.


Seperti diberitakan Autonetmagz yang mengacu pada pernyataan Jim Taylor, Chief Marketing Officer Karma, Karma akan kembali bukan dengan SUV atau crossover seperti tren sekarang, tapi sebuah sedan. Pria yang dulunya adalah mantan eksekutif di General Motors ini bilang kalau sedan baru ini akan dinamai Revero, di mana nama Revero diambil dari bahasa latin yang artinya “kebenaran”.

Masih mirip dengan Fisker Karma, Revero akan berbentuk sedan elektrik berteknologi range extender. Hanya saja, kemajuan teknologi memungkinkan Fisker… Maaf, maksudnya Karma untuk memberikan baterai baru, sistem charging baru dan perangkat lunak pengendali sistem elektrik yang juga baru. Karma mendapat teknologi barunya dari BMW, karena mereka memang sudah sepakat untuk bekerja sama dengan mereka.

Sekarang, Karma punya 500 karyawan, dan seperlima dari mereka bekerja di pabrik baru Karma di California untuk memproduksi Revero. Bentuk persis dari Karma Revero sendiri masih rahasia, demikian juga spesifikasinya. Jika tidak ada aral melintang, Karma Revero akan meluncur sekitar bulan Juli atau Agustus ini, namun tidak langsung dijual, melainkan menunggu beberapa saat dulu.

Masih berkaitan dengan persoalan penjualan, Karma ingin menjual mobilnya dengan cara yang mirip Tesla, yakni direct-sales model alias model penjualan langsung, bukan menggunakan franchise seperti yang sudah-sudah. Wah, daripada soal penjualannya, kami lebih tertarik dengan penampilan Revero nanti sih.[Hs/Wa]