Fiat

SolusiMobil.com - Setelah VW terbukti mengakali emisi gas buang kendaraan diesel, dan Mitsubishi yang mengakui menggunakan metode pengujian bahan bakar tidak sesuai dengan peraturan, kini giliran Fiat diduga melakukan kecurangan.

 

Dugaan muncul setelah salah satu media Jerman, Bild am Sonntag melansir Fiat melakukan kecurangan pada model bermesin diesel. Dilansir Dapurpacu (27/4), namun cara dilakukan berbeda dengan VW yang menggunakan software.

Fiat diduga memiliki sistem kontrol emisi NOx yang beroperasi selama 22 menit pertama ketika mobil dijalankan. Sebab di Jerman, setiap kendaraan hanya diuji selama 20 menit untuk mengetahui emisi bahan bakar.

Pemerintah Jerman kemudian langsung bereaksi dengan melakukan investigasi. Lembaga emisi gas buang di Jerman melakukan pengujian tingkat emisi terhadap Fiat 500X diesel dan 52 mobil diesel lainnya yang berada di Jerman.

“Pada bulan Februari, komunitas pecinta lingkungan menemukan data Fiat 500X memiliki tingkat NOx yang cukup tinggi saat dinyalakan pertama kali dari mesin dingin,” kata Alexander Dobrindt, Menteri Transportasi Jerman.

Dobrindt juga mengindikasikan bakal terus menginvestigasi model Fiat lain bermesin diesel, tidak berhenti pada Fiat 500X saja. “Kami perlu melakukan tes lebih lanjut pada model Fiat,” katanya.

Selain cara berbeda dengan yang dilakukan VW dalam mengelabui emisi gas buang diesel, dugaan kecurangan Fiat ini belum terlalu diekspos karena baru diketahui di pasar Jerman saja. Berbeda dengan VW yang terbukti di berbagai negara.[Gls/Wa]