Elemental RP1

SolusiMobil.com - Veyron saat ini masih menjadi mobil dengan akselerasi terkencang, meskipun performanya belum dibuktikan secara resmi. Status tersebut ingin direbut oleh Elemental RP1, minimal bisa menyamainya.


RP1, mobil track day kokpit terbuka asal Inggris ini bertekad menaklukkan akselerasi 0-100 km/jam milik Veyron, yang bisa dilakukan dalam 2,9 detik. Veyron memiliki mesin W16 8.0 liter quad-turbo, sementara RP1 dengan mesin 2.0 liter EcoBoost dari Ford.

Seperti diberitakan Dapurpacu, Elemental sempat menguji kemampuan RP1, mencatat waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,7 detik, sementara targetnya adalah 2,5 detik. Dikatakan Elemental, pengujian di trek uji Longcross, Surrey, Inggris, berlangsung dalam kondisi tidak ideal.

“Kami tidak punya pengemudi profesional, bannya sudah aus dan permukaan jalannya kotor,” kata John Begley, technical director Elemental. “Data menunjukkan mobil masih bisa jauh lebih baik lagi, tapi jujur saja kami tidak mengejar waktu di lintasan lurus.”

Raihan 2,7 detik tersebur terwujud berkat tenaga 280 hp pada mesin, didukung dengan sistem Launch Control hasil pengembangan Elemental sendiri. RP1 hanya berbobot 750 kg, hasil dari aplikasi serat karbon inovatif dan alumunium pada chassisnya.

“Senang mengetahui kami kencang, tapi fokus kami adalah pada pengembangan sebuah mobil yang menyenangkan dikemudikan,” lanjut Begley.

Harga RP1 dan Veyron pun berbanding jauh, di mana RP1 dipasarkan seharga kurang dari £100.000 (Rp 1,730 milyar) sementara Veyron mencapai sekitar £850.000 (Rp 14,702 milyar) sebelum pajak.