BYD Tang

SolusiMobil.com - Samsung Electronics sebagai Perusahaan teknologi terbesar Korea Selatan, berniat terjun menjadi salah satu pemain di industri otomotif, yakni dengan membeli saham kendaraan listrik merek China, BYD.

 
Seperti diberitakan Dapurpacu, Samsung sudah membeli 4% saham BYD seharga US$ 449 juta atau setara 6,5 triliun dalam keadaan tertutup atau tidak dirilis ke publik. Namun hal tersebut kemudian dibantah oleh BYD.
 
Ekspansi Samsung ke bisnis otomotif terutama kendaraan listrik ditengarai untuk menyuplai chip dan memori. Hal ini dilihat perusahaan sebagai diversifikasi produk karena masa depan penjualan smartphone dianggap bakal stagnan.
 
Samsung Electronics saat ini diketahui mempunyai dua unit bisnis penting, yaitu memproduksi smartphone dan chip memori. Selain itu, Samsung juga mempunyai anak perusahaan pembuat baterai otomotif Samsung SDI.
 
Sekilas mengenai BYD, merupakan perusahaan cukup besar di China yang fokus menggarap segmen kendaraan listrik. BYD diketahui menjalin kerjasama dengan Daimler AG dan Denza. Perusahaan juga membuat mobil hybrid untuk pasar Amerika Utara.
 
Produk terbaru BYD adalah crossover hybrid bernama Tang. Mobil ini sempat ditampilkan di salah satu pameran bergengsi di Amerika Serikat (AS) di North American International Auto Show (NAIAS) beberapa waktu lalu.