BMW M3

SolusiMobil.com – Pencapaian divisi M, dimulai dari model ikonik BMW M1 pada tahun 1978 yang mempunyai garis desain italian look, terang saja karena model ini digarap oleh Giorgetto Giugiaro. Namun untuk struktur dan mesin dari mobil ini memang sangat “jerman” sekali yang terkenal akan kepresisiannya.

 

Dikutip dari Autonetmagz, setelah masa M1 selesai, M division pun mulai merambah ke bagian lini lainnya dengan memakai basis dari model yang ada seperti seri 3 dan seri 5 bahkan seri 6. Hingga sekarang model ini terus berkembang, makin diminati konsumen dan sampai ada fansboy militan pula. Yup M division pun telah membantu BMW dalam membangun image sebagai mobil dengan pengendaraan nikmat dan nyaman. Seperti yang anda tahu, kini M division telah menggarap M135i, M2, M3, M4, M5, M6, M760i, Z4 M hingga X5 M dan X6 M, belum versi dress-up nya. Tapi ternyata itu masih belum cukup bagi mereka sendiri.

 

“BMW Group bermaksud untuk mengembangkan jangkauan dari model M Performance yang ganas pada segmen dengan volume penjualan yang tinggi, dengan maksud untuk menumbuhkan dan mendapat pendapatan potensial dari brand BMW M,” seperti yang disebutkan oleh produsen jerman tersebut dalam press releasenya.

 

Sejatinya kami belum tahu model mana yang akan digarap BMW dengan niat tersebut, namun kalau boleh kami berandai andai sepertinya M Division akan menyasar BMW X3 dan BMW X1. Alasannya simpel, pertama karena pasar crossover sedang berkembang di Eropa dan kedua adalah produsen lain sudah menyiapkan crossover berperforma tinggi seperti Audi RS Q5 dan Mercedes sedang menggarap GLC45 AMG setelah GLA45 AMG. Namun jika demikian maka pilihannya tentu saja menggunakan mesin 3.0-liter turbo inline-6 dari M3 dan M4 yang menghasilkan 435 hp.

 

Model terakhir yang dibuat oleh M division adalah BMW M2 Coupe yang mengingatkan kita akan kejayaan dari BMW M3 E30. Compact car dua pintu ini mempunyai talenta 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik dengan manual dan 4,3 detik dengan transmisi DCT. Dengan tenaga 365 hp dan torsi 465 Nm yang dihasilkan 3.0-liter twin turbo inline-6, inilah salah satu budget M division yang menarik hati konsumen. (Yk/Wa)