Honda dual clutch transmission

SolusiMobil.com - Honda diberitakan tengah mempersiapkan teknologi DCT (Dual Clutch Transmission) untuk diaplikasikan ke seluruh produk sport bike buatannya. Teknologi ini sudah diaplikasikan di NC750X, VFR1200F, dan Twin Africa.

 

Seperti diberitakan Dapurpacu, transmisi kopling ganda dikenal menawarkan kinerja terbaik dibanding konvensional, tidak saja percepatan perpindahan tanpa jeda, tapi juga meminimalkan shifting. Pengaplikasian DCT pada sepeda motor merupakan pertama di dunia.

 

Namun, kendati memiliki kinerja cukup mumpuni, Engineer Honda Kosaku Takahashi menyampaikan bahwa penerapan DCT masih memiliki hambatan jika diterapkan ke sport bike yakni ukuran terlalu besar dan bobotnya berat.

 

“Saat ini saja, ketika diterapkan pada NC750X dan Twin Africa, itu bisa menambah bobot hingga 10kg,” terang Kosaku.

 

Lebih jauh, Kosaku menjelaskan, jika dua motor balap identik dan bobotnya sama, tetapi salah satu menggunakan DCT maka ia yang akan lebih cepat.

 

Sayangnya, perkembangan teknologi transmisi kopling ganda yang bakal diterapkan ke seluruh deretan sport bike Honda itu masih belum dibuka secara detail.[Rdo/Wa]