Datsun GO-Cross Concept

SolusiMobil.com – Datsun GO telah memulai karirnya sebagai mobil murah Nissan di Tanah Air sejak beberapa tahun yang lalu, dan karena targetnya adalah negara yang mengidam-idamkan mobil murah seperti Indonesia, India, Afrika Selatan dan lain-lain, Datsun tidak pakai formula yang susah. Berikan saja mesin kecil, 7 tempat duduk di versi GO+ dan banderol yang murah, maka jadilah. FYI, pasar terbesar Datsun adalah negara kita.

 
Seperti diberitakan Dapurpacu, setelah mengembangkan jajaran modelnya dengan mobil baru redi-GO, rencana Datsun berikutnya adalah merealisasikan Datsun GO Cross yang melakukan debut perdana di Jepang. Saat masih konsep – dan sampai sekarang pun tetap berstatus konsep – Datsun GO Cross mendapat respons bagus dari konsumen Datsun, utamanya yang sedang ingin mobil 7 tempat duduk bergaya crossover yang lagi hits belakangan ini.
 
Banyaknya respons bagus membuat divisi mobil murah Nissan ini tersulut semangatnya. Peluncuran Datsun GO Cross rencananya akan dipercepat menjadi tahun 2017, dan Datsun punya kejutan berupa konsep baru untuk interiornya. Menurut Autocar India, konsep interior GO Cross adalah “Connected Car”, sama seperti saudaranya yakni Renault Kwid. Sayang, tidak ada yang tahu bentuk persis dari interior GO Cross.
 
Jika Datsun tidak mengubah visinya, harusnya mereka tetap mengandalkan mesin kecil dengan perhatian utama kepada efisiensi. Prediksi kami, mesin tetap pakai milik Nissan March yang speknya diturunkan, 1.200 cc 3 silinder tanpa pengaturan katup variabel. Transmisi dan penggeraknya pun demikian, 5 percepatan manual dan penggerak roda depan. Tapi namanya juga prediksi, sebab tidak mustahil kan jika Datsun GO Cross pakai mesin kecil milik redi-GO.
 
Jika benar mau meluncur, akan ada 2 perspektif pembeli yang kelihatannya minat dengan Datsun GO Cross. Pertama, mereka yang ingin versi pahe alias paket hemat dari Nissan Grand Livina X-Gear, karena konsepnya mirip-mirip, mobil keluarga didandani gaya crossover. Kedua, mereka yang menilai Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kurang gereget gayanya karena tidak (atau belum) punya gaya crossover.