Shuanghuan CEO

SolusiMobil.com – Pemerintah China terpaksa harus mencabut izin produksi lebih dari 50 produsen mobil lokal karena dianggap tidak produktif. Langkah ini diambil berdasarkan peraturan Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi China tahun 2013.

 

Dikutip dari Dapurpacu, dalam peraturan tersebut, kementerian berhak mencabut izin produksi produsen mobil domestik yang tak memenuhi syarat secara kuantitas. Ukurannya dilihat selama dua tahun, jika tidak menunjukan perubahan dan semakin kurang baik maka izin dicabut.

 

Salah satu yang terkena imbas adalah Shuanghuan Automobile Co. Izin produksi perusahaan yang berdiri pada 1988 di Shijiazhuang di provinsi Hebei, China bagian Utara ini dicabut pemerintah karena produksi dan penjualannya lemot.

 

Padahal, Shuanghuan sendiri mulai eksis di kancah otomotif sejak memproduksi mobil bernama Noble, yang  desainnya menjiplak Smart ForTwo. Pada 2007, perusahaan ini kembali meluncurkan model baru yaitu CEO, sebuah kloningan dari BMW X5.

 

Kendati produk yang dikeluarkan tidak ‘orisinil’, Shuanghuan tetap berusaha menjual dua model tersebut ke Eropa. Tapi langkahnya dihadang Daimler dan BMW yang mengajukan gugatan ke pengadilan Italia dan Jerman.

 

Kloning

Kendati langkah ini dianggap baik karena memberi patokan bisnis pada tiap produsen mobil domestik, upaya pemerintah China tersebut tidak didukung peraturan mengenai kekayaan intelektual yang membatasi perihal contek-mencotek desain.

 

Selain Shuanghuan, beberapa produsen China pernah terang-terangan menjiplak desain merek lain. Seperti Henan Ou Huang Carriage Manufacturing Company yang mencotek desain milik Rolls-Royce Phantom 1.

 

Kemudian Zotye Auto dengan model bernama E01. Pabrikan ini menggabungkan desain eksterior beberapa model sekaligus, yaitu Land Rover, BMW i3 dan Smart ForTwo. Sementara interior diambil dari Tesla Model S.

 

JAC (Anhui Jianghuai Automobile Co), tampil lewat sedan premium bernama Refine A6 yang menjiplak Audi A6. Terakhir yaitu Jiangling Motors Corp (JMC) yang merilis pikap kabin ganda mencontek VW Amarok.[Gls/Wa]