Honda D Concept

SolusiMobil.com – Ramainya pasar SUV dan crossover di dunia, membuat pabrikan mobil berlomba-lomba menghadirkan SUV yang mampu memikat pelanggan selama tren ini masih berlanjut. Mau dari harga yang murah sampai yang mahal, mulai dari Renault Kwid hingga Bentley Bentayga. Sadar dengan kondisi ini, Honda rencananya akan memperkaya jajaran SUV/crossover mereka.

 

Kami tidak membicarakan soal Honda WR-V yang konon katanya tengah dibangun di Brazil dengan menggunakan basis Honda Jazz, tapi kami berbicara tentang mobil baru. Yup, karena belum lama ini di China, Honda sudah mendaftarkan nama UR-V yang diklaim bakal muncul sebagai SUV termewah Honda, begitu menurut Autohome. Bisa ditebak, UR-V pasti singkatan dari Ultimate Runabout Vehicle, Ultimate Revolutionary Vehicle atau sejenisnya.

 

Setidaknya begitu jika melihat dari penamaan SUV Honda, meski ada FR-V yang bukan berbentuk SUV atau crossover. Selain itu, bisa diklaim bahwa UR-V akan berformat 7 seater, tapi bukan SUV unibody seperti Honda Pilot misalnya. Soal model, banyak yang mengklaim akan berdasarkan pada Honda D Concept yang dipamerkan di Shanghai Auto Show tahun lalu, tapi karena ini klaim, jangan dianggap sudah fix ya.

 

Mesin diklaim akan menawarkan pilihan antara 2.000 cc dan 2.400 cc, tapi tanpa turbo, alias beda dengan Honda Jade RS, Civic Turbo dan StepWGN baru yang sudah berturbo semua. Dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, pilihan penggerak bagi UR-V nanti adalah FWD dan AWD. Sumber yang sama melaporkan bahwa UR-V kemungkinan hanya untuk pasar China saja, karena akan diproduksi di pabrik hasil kerja sama Guangzhou-Honda.

 

Tapi Honda tidak hanya melakukan penambahan model untuk mobil berlogo H saja, melainkan untuk yang berlogo A juga. Ya, maksudnya Acura, di mana Acura tengah mempersiapkan crossover bernama CD-X yang menggunakan basis HR-V… Atau lebih tepat dibilang basisnya Honda Jazz karena HR-V itu basisnya Jazz? Diklaim, CD-X akan bersaing dengan BMW X1 dan Mercedes Benz GLA. UR-V diperkirakan muncul akhir tahun ini, sementara CD-X tampil sekitar 1-2 tahun lagi. (Anm/Wa)