Brough Superior SS100

SolusiMobil.com - Pertama kali melantai di jagad otomotif dunia pada 2013, di helatan EICMA, Milan. Konsep Brough Superior SS100 hilang dari kabar. Hingga beritanya muncul dari tanah Eropa bahwa prototipe motor kustom ini bakal mengaspal.


Dilansir Dapurpacu, Brough Superior SS100 dipastikan masuk jalur produksi setelah proyek mangkrak dua setengah tahun lamanya. Ada tiga fininshing yang ditawarkan, mulai dari tradisional, racing full black, dan titanium.

Sepeda motor bergaya old-school tersebut hasil dari prakarsa insinyur di Boxer Design, di Toulouse, south-west France. Kendati dibangun penuh dengan estetika klasik, Brough Superior SS100 tetap mengusung teknologi mutakhir. Makanya, ia disebut pendirinya sebagai “Rolls Royce motorcycle”.

Untuk jantung pacu, Boxer Design menggandeng pembuat mesin terkenal Akira yang pernah membangun Kawasaki ZX-10R Tom Sykes, dan menghasilkan 997 cc, 88°, V-Twin, DOHC, liquid cooled, daya puncak ditaksir mencapai 140 Hp.

Direncanakan sudah tersedia pada akhir tahun ini, dan sudah bersertifikat untuk dijual di Eropa. Untuk mahar Brough Superior SS100 sebesar € 50.000 atau setara Rp 755 juta. Cukup mahal untuk sebuah sepeda motor yang kuat dengan tradisi klasiknya sejak 1939.

“Kami ingin membangun merek yang kuat untuk bertahan selama bertahun-tahun, dan kami yakin bisa menjual dalam jumlah ratusan,” urai Mark Upham, CEO Brough Superior.