BMW Z4

SolusiMobil.com - BMW akhirnya menghentikan produksi Z4 setelah tujuh tahun sejak peluncurannya. Z4 resmi dihentikan dari jalur produksi pada 22 Agustus 2016 lalu menurut laporan BimmerToday.


Dilansir Dapurpacu, Z4 rencananya akan digantikan oleh Z5, model baru yang dibangun dan dikembangkan atas kolaborasi BMW dan Toyota, yang juga akan menjadi kembaran dari penerus Toyota Supra.

Setelah diproduksi sebanyak 115.000 unit dari pabrik Regensburg di Jerman, varian sDrive35is berwarna Valencia Orange Metallic menjadi unit terakhir Z4 generasi E89 yang dibuat. BMW menghadirkannya sebagai kompetitor Mercedes SLC (dulu SLK) dan Porsche Boxster.

Varian terkencang Z4 memiliki mesin enam silinder inline 3.0 liter turbo bertenaga 335 hp dan torsi 500 Nm, seperti dipakai 1 Series M Coupe. Sementara gearbox 7-speed dual clutch seperti dimiliki M3.

Penerusnya, Z5, yang rencananya meluncur di 2017 dikabarkan akan mengusung powertrain hybrid dan paduan material alumunium dan serat karbon pada konstruksinya.