Helpmet

SolusiMobil.com - BMW menciptakan helm yang dapat memanggil petugas medis jika penggunanya mengalami kecelakaan. Pelindung kepala yang diberi nama Helpmet ini otomatis mengirimkan sinyal jika sensor menerima benturan keras.


Seperti diberitakan Dapurpacu, Helpmet dikatakan menggunakan sensor-sensor khusus di bagian batok (shell). Sensor tersebut hanya akan melakukan panggilan medis jika menghantam dan menerima g-force hingga 95 yang membuat pemakai hilang kesadaran, atau helm terlepas.

Sensor tidak akan bekerja jika helm sengaja diketuk menggunakan tangan, atau hanya jatuh pelan dan terbaret. Sebaliknya, petugas medis akan mencari titik koordinat keberadaan helm meskipun pemakai tidak sadarkan diri karena kecelakaan.

Helpmet pada dasarnya menggabungkan antara teknologi ponsel dan GPS, sehingga helm harus terkoneksi dengan jaringan telepon. Pemakai juga harus terdaftar di situs resmi untuk data pribadi guna memudahkan pertolongan tim medis.

Saat ini Helpmet masih dalam proses finalisasi dan belum dijual untuk umum. BMW juga tidak merinci lebih jauh mengenai kemungkinan masuk produksi. Namun jika benar nanti dijual, helm pintar ini mungkin bisa menyelamatkan banyak nyawa.[Gls/Wa]