BMW S1000rr

SolusiMobil.com – MotoGP, merupakan ajang pembuktian merek-merek motor seperti Ducati, Suzuki, Honda dan Yamaha dalam hal kualitas engineering dan teknologi balap yang mereka miliki. Namun ada beberapa pabrikan motor yang enggan untuk mengikuti ajang ini. BMW Motorrad misalnya, karena seperti yang disampaikan oleh Stephan Schaller selaku CEO BMW Motorrad, mereka tidak akan turun ke MotoGP dalam waktu dekat, karena memang tidak tertarik.

 

Selebihnya, beliau mengatakan kalau mereka lebih fokus untuk membuat kuda besi yang layak dipakai beraksi di jalanan daripada harus menelurkan 2 motor balap dalam 1 tim balap pabrikan lalu melawan Rossi, Lorenzo, Pedrosa, Marquez, Iannone, Dovizioso, Espagaro, Crutchlow dan rider-rider kenamaan lainnya. Mumpung membahas motorsport roda 2, ingat juga kalau BMW sudah menarik diri dari kejuaraan World Superbike di tahun 2013 silam.

 

Pasti kalian menduga ada masalah finansial kan? Kami juga, tapi isu ini ditepis oleh beliau.”BMW jelas-jelas punya kekuatan ekonomi untuk masuk ke kejuaraan seperti itu, tapi kami tidak akan pakai kekuatan ekonomi kami untuk menurunkan 2 pembalap di kategori balap itu,” kata Stephan Schaller. Maksudnya sudah jelas MotoGP dong, tapi katanya BMW punya program sendiri yang lebih layak untuk didanai.

 

BMW sedang mengadakan program untuk mendukung talenta para pembalap bertajuk BMW Motorrad International Race Trophy 2016 yang menghabiskan dana 1 juta Dollar AS untuk mengembangkan para pembalap menjadi lebih mahir di lintasan. Program ini akan diramaikan dengan 19 kejuaraan, 318 balapan di 23 negara di 6 benua. Pemenang dan top 15 rider yang duduk di posisi teratas berhak atas hadiah yang disiapkan BMW.

 

Untuk program itu, motor yang digunakan adalah BMW S1000RR. Mungkin selain dengan program ini, BMW merasa sudah cukup puas juga dengan tampil di film Mission Impossible : Rogue Nation yang menghadirkan sekian unit BMW S1000RR juga. Jangankan motor BMW, mobil BMW M3 juga tampil di situ. (Anm/Wa)