BMW 2002 Hommage

SolusiMobil.com - Lagi-lagi BMW meramaikan khazanah Hommage concept, semua yang muncul di Hommage Concept adalah mobil retro yang menyerupai model lawas BMW yang legendaris. Mulai dari BMW M1 Hommage, BMW 3.0 CSL Hommage hingga yang terakhir adalah BMW 2002 Hommage. Model yang satu ini diperlihatkan di Concorso d’Eleganza Villa d’Este dalam rangka perayaan ulang tahun ke 50 BMW 2002 Turbo.


Dikutip dari Autonetmagz, BMW 2002 sendiri adalah salah satu cikal bakal kelahiran dari BMW seri 3 dan tanpa kehadiran BMW 2002 Turbo mungkin kita pun tidak mengenal BMW M3 / M4. Meski begitu untuk saat ini bisa dibilang generasi terakhir BMW seri 3 sudah mengalami pembengkakan. Image mobil kompak nan cepat juga tidak ingin ditinggalkan BMW, oleh karena itu kehadiran BMW M2 bisa dibilang cocok sebagai image akan BMW 2002 turbo pada jaman kejayaannya.

Kali ini pun BMW menggunakan basis dari M2 untuk meracik sang 2002 Hommage, model ini nampak terlihat dari headlamp single dengan sedikit ‘alis mata’ yang berguna sebagai lampu sein pula. Nuansa shark nose dengan grille melintang ala BMW jaman dahulu pun kembali ditonjolkan dengan 2002 Hommage meski begitu syukurlah kidney grille nya tidak ‘nggilani’ seperti layaknya BMW 3.0 CSL Hommage kemarin.

Nuansa BMW Motorsport tahun 1970-an semakin sedap dengan bumper bawah berlivery BMW M plus tulisan ‘Turbo’. Livery plus tulisan Turbo ini juga nampak di bagian samping dan belakang mobil, plus di bagian kaki kaki tersemat alloy wheel dengan desain ciamik berukuran 20 inchi dibalut dengan ban berprofil tipis.

“Lebih tepatnya 50 tahun lalu, seri 02 menjadi titik awal keberhasilan BMW. Coupe kompak ini adalah salah satu dari mobil yang membawa brand ini menjadi seperti sekarang. 2002 menduduki peringkat teratas dan menjadi mobil eropa yang pertama kali memakai turbo untuk produksi massalnya. Ini adalah salah satu kunci bahwa coupe ini adalah sebuah ‘Genuine Sportscar’. Di waktu yang sama, 2002 turbo juga menjadi garda terdepan dalam teknologi pengembangan mesin BMW. So BMW 2002 Hommage adalah cara kami dalam ‘mengangkat gelas dan cheers’ atas perjuangan kami selama ini.” Jelas Adrian van Hooydonk, Cheif of BMW Group Design.

Melihat dari basisnya, meski BMW tidak mengeluarkan spesifikasi yang jelas tapi kami yakin mesin 3.0-liter twin turbo M2 Coupe tersimpan rapih disini dengan tenaga 365 hp-nya. Seperti semua Hommage yang pernah kita lihat selama ini, model ini pun juga tidak ada rencana untuk dibawa ke jalur produksi. Tapi melihat model baru dari BMW dan kesamaan dari Hommage adalah grille Shark Nose-nya, nampaknya tidak mustahil jika merek BMW kedepannya akan menggunakan desain Shark Nose kembali.[Yk/Wa]