Ariel Atom-P Concept

SolusiMobil.com - Ariel Atom sudah terkenal sebagai salah satu mobil sport track day yang paling mumpuni. Versi lebih ganasnya pun kini tengah disiapkan melalui konsep Atom-P menggunakan teknologi yang pernah dilarang di Formula 1.


Seperti diberitakan Dapurpacu, maksudnya adalah perangkat kipas angin di bagian bawah mobil untuk meningkatkan downforce, di mana teknologi ini pernah dilarang di Formula 1 saat dipakai oleh Brabham BT46B di tahun 1978.

Desain sangat minimalis khas Atom tetap dipertahankan, sementara dua unit kipas angin terpasang di bagian bawah mobil, di balik skirt berbahan karet. Efeknya, saat sistem bekerja bodi mobil akan terhisap ke bawah (ground effect) yang mana akan menambah grip dan kelincahan.

Ariel-Atom-P-Concept-02


Sistem yang disebut tiga kali lebih efektif daripada memasang sayap tambahan ini akan menguntungkan ketika mobil melakukan standing start, pengereman, dan menikung kencang.

“Saat sistem ini diaktifkan mobil bisa dilihat akan lebih rendah ke tanah jadi Anda bisa melihatnya bekerja, yang mana menyenangkan,” kata Simon Saunders, bos Ariel yang juga mengungkap sistem ini bisa diaktifkan saat mobil dalam kondisi diam.

Penerapan sistem ini dianggap Ariel lebih pas untuk mobil exoskeleton seperti Atom yang telah mencapai batas grip mekanis, karena memakai sayap hanya akan menambah hambatan udara dan mengurangi kecepatan maksimal.

Mengingat Atom-P sebuah konsep, maka sosoknya tidak akan bisa dibawa pulang dalam waktu dekat ini. Ariel juga mengatakan pengembangannya masih dalam tahap sangat awal.