Peugeot 3008 DRK

SolusiMobil.com - Peugeot Sport merilis wujud terbaru mobil yang bakal berlaga di Rally Dakar 2017. Mobil bernama Peugeot 3008 DKR tersebut merupakan penerus 2008 DRK yang dipakai tahun ini.


Dilansir Dapurpacu, seperti moniker yang tertera, 3008 DKR mengadopsi basis dari mobil produksi SUV Peugeot 3008 yang rencananya meluncur perdana di Paris Motor Show 2016, Oktober mendatang.

Namun sebelum benar-benar adu kebut melintasi beberapa negara, 3008 DKR akan memulai debutnya di Maroko bulan depan lewat tangan dingin legenda reli Spanyol, Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel.

peugeot-3008-dkr-02


Kepala Peugeot Sport, Bruno Famin mengatakan, 3008 DRK merupakan langkah lanjut mobil reli Peugeot. Rancang bangun ditekankan untuk memperbaiki kelemahan di mobil sebelumnya.

“Sementara memanfaatkan semua kekuatan yang ada untuk memperbaiki mereka lebih jauh. Ada juga beberapa peraturan baru, yang kami jelas diperlukan untuk mematuhi,” katanya.

Belum banyak spesifikasi yang diumbar Peugeot Sport terhadap mobil barunya. Beberapa yang dilansir yakni 3008 DRK telah mendapat perbaikan pada driveability, suspensi dan mesin. Khusus sektor jantung pacu, Peugeot kini membenamkan restrictors (pembatas) baru turbo 38 mm pada mesin biturbo V6 diesel. Lebih kecil 1 mm dari unit yang dipakai tahun ini sesuai peraturan baru.

Karena restrictors lebih kecil hasilnya luapan tenaga juga tersunat. Beruntung Peugeot mengklaim mesin mampu menghasilkan torsi lebih besar pada rpm rendah yang menjadi kompensasi atas keduanya.