Amerika uji truk otonom

SolusiMobil.com – Angkatan Darat Amerika Serikat dikabarkan kembali menguji truk otonom alias tanpa sopir di Michigan pada tahun ini. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan  truk yang nantinya akan digunakan di medan perang.

 

Seperti diberitakan oleh Dapurpacu, para pakar tentara menggunakan infrastruktur radio dalam pengujian truk tanpa sopir tersebut. Teknologi radio ini berfungsi untuk mengatur batas kecepatan dan lokasi antar kendaraan saat berkonvoi.

 

Jika pengujian ini berhasil, tentara akan menggunakan truk tersebut sebagai armada pengiriman peralatan tempur dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang jaraknya berjauhan. Hal itu untuk menjaga stamina para prajurit yang bertugas melakukan pengiriman, penggunaan truk itu dinilai juga lebih efisien.

 

Pengujian truk militer tanpa sopir itu akan dilakukan di jalanan umum. Sehingga, hasil yang didapatkan nantinya benar-benar menunjukan kemampuan teknologi otonom sebenarnya.

 

Hanya, hingga kini Angkatan Darat Amerika masih merahasiakan tanggal pengujian maupun jamnya. Informasi yang disampaikan hanya lokasi, yakni Michigan dan dilangsungkan pada tahun ini.

 

Sebelumnya, pada Februari lalu, tentara juga telah menguji truk tanpa sopir dalam formasi konvoi. Pengujian ini melibatkan 10 truk yang dilengkapi dengan kamera, radar serta komputer yang mampu mengidentifikasi potensi bahaya di jalan.

 

Pengujian ini bermaksud untuk mengetahui kemampuan truk tanpa sopir itu saat perang berkecamuk, di mana semua orang yang ada di dalamnya harus memegang senjata menghadapi musuh sementara truk harus terus berjalan.

 

“Ternyata, truk-truk tanpa pengemudi bisa mengikuti truk yang dikemudikan orang dan sebaliknya,” tutur Paul Rogers, Director of the Army’s Tank Automotive Research, Development and Engineering Center in Warren, Michigan, Amerika Serikat.[Car/Wa]