AM-RB 001

SolusiMobil.com - Tidak salah pilih rupanya Aston Martin menggandeng Red Bull Racing sebagai partner, karena hasilnya fantastis. Perkenalkan, AM-RB 001, konsep hypercar pertama hasil kolaborasi merek mobil flamboyan Inggris dan perusahaan minuman energi.


Adalah CTO Red Bull Racing, Adrian Newey, lalu ada VP dan kepala proyek spesial Aston Martin, David King serta EVP merangkap CCO Aston Martin, Marek Reichman, yang bertanggung jawab atas konsep AM-RB 001. Dilansir Autonetmagz, mereka sepakat kalau hypercar AM-RB 001 harus bisa dikendarai di jalanan biasa seperti mobil lain tapi tetap mampu melesat kencang di track, jadi pendekatan yang dipakai agak beda dibanding saat merancang Aston Martin Vulcan yang tidak road legal.

AM-RB_001_2

Dibangun dari material ringan dan kuat adalah satu hal wajib yang harus ada di mobil sejenis ini, seperti carbon fiber. Uniknya, sebagian besar downforce AM-RB 001 berasal dari bagian aerodinamika di kolong mobil, jadi desainer bodinya bisa lebih bebas membentuk tubuh AM-RB 001 secantik mungkin, tanpa harus adu urat dengan engineer divisi aerodinamika apabila desainnya tidak mendukung performa mobil meski enak untuk dipandang.

Dan inilah hasilnya, sebuah hypercar gepeng bermesin tengah dengan penampilan yang sangat meyakinkan. Siluet gril Aston Martin masih ada jika tampak depannya diteliti dengan baik dan benar, tanda bahwa mereka haram untuk menanggalkan ciri khas pada aspek penampilan. Tapi coba deh bandingkan wujud AM-RB 001 ini dengan One-77, DB11, DB10, Rapide atau mungkin dengan Vulcan sekalian, seperti sebuah lompatan kuantum dari mobil yang identik dengan mata-mata.

Mesin yang dipakai adalah mesin V12 yang dipasang di tengah mobil, tapi tidak ada spesifikasi teknis yang bisa kita pegang. Yang bisa kita pegang sekarang hanya janji-janji manis Aston Martin dan Red Bull yang bilang kalau Power to Weight Ratio-nya bisa 1:1, alias 1 hp untuk tiap 1 kg, seperti Koenigsegg One:1, dan mereka berdua akan berusaha supaya AM-RB 001 ini bisa secepat mobil balap prototipe Le Mans kelas LMP1. Oh ya, mesin V12-nya tidak pakai turbo.

AM-RB_001_3

Transmisi dan suspensi AM-RB 001 spesial buatan Red Bull Advanced Technologies, didesain supaya bisa santai dan lembut seperti anjing pudel saat dipakai harian namun sanggup menggigit seperti anjing rottweiler saat disuruh menghajar sirkuit balap. Aston Martin dan Red Bull dipastikan tidak ingin memberi harapan kosong, mereka akan membawa AM-RB 001 ke pabrik untuk diproduksi massal dan segera dijual dalam versi produksi.

Diklaim, akan ada sekitar 99 hingga 150 mobil AM-RB 001 yang dibuat oleh Aston Martin dan Red Bull untuk seluruh dunia, dan semuanya buatan pabrik Aston Martin di Gaydon, tempat mereka dulu membuat Aston Martin One-77. Dari 99-150 unit itu, sudah termasuk versi prototipe untuk tes, konsep, serta 25 versi balap AM-RB 001 yang tidak road legal.