Cadillac One

SolusiMobil.com - Bicara mengenai mobil anti peluru yang terlintas pertama pastilah mobil Presiden Amerika Serikat. Mobil ini dijuluki The Beast atau Cadillac One, mobil ‘Obama’ ini punya sejumlah keunggulan daya tahan dibanding mobil pada umumnya.

 

Dikutip dari Dapurpacu, The Beast memakai platfrom GMT560 dan memiliki bobot 6.800 kg. Pintunya menggunakan baja tebal 8-inci, kaca anti peluru tebal 5-inci, interior dengan tambahan segel yang melindungi penumpang dari senjata kimia, tangki bahan bakar lapis baja, dan run flat tire.

 

Segala keunggulan The Beast dirancang khusus untuk melindungi sosok kepala negara. Wajar jika spesifikasinya dibuat sedemikian rupa. Namun orang kaya dunia terus bertambah, dan kebutuhan barang mewah dengan fitur canggih termasuk mobil anti peluru menjalar jadi kebutuhan.

 

Sejumlah pabrikan kelas atas tidak ingin tertinggal mengais ceruk tersebut. Sebut saja Mercedes-Benz, Range Rover, Rolls-Royce, dan Audi yang mengeluarkan seri khusus armored car. Selain mewah, mobil-mobil VIP ini juga dapat menahan serangan teroris potensial.

 

Audi A8 L Security

 

audi-a8-l-security

 

Audi A8 L Security meluncur pertama kali di Frankfurt Motor Show 2015. Secara visual, versi paling tinggi ini identik dengan A8 standar. Namun ketahanan bodi full size sedan tersebut dilengkapi sistem kelas V9 yang mampu menahan serangan peluru 7.62×51 mm.

 

Audi A8 L Security juga dilapisi kain aramide (mirip Kevlar), paduan aluminium khusus dan ban run-flat. Untuk kenyamanan, tersemat kotak komunikasi lapis baja di bagasi, pintu darurat, sistem pemadam kebakaran, dan ventilator darurat suplai udara segar.

 

A8 L Security mengusung mesin biturbo V8 4.0-liter menghasilkan 435 hp dan torsi 600 Nm. Pilihan lain yakni mesin W12 6.3-liter yang menyuplai 500 hp dan torsi 625 Nm.

 

Range Rover Sentinel

 

range-rover-sentinel

 

Range Rover Sentiel dibangun khusus oleh divisi Special Vehicle Operations (SVO) Jaguar-Land Rover. Mobil yang dibanderol US$ 450 ribu atau sekitar Rp  5,8 miliar ini lulus standar VR8 yang mampu menahan serangan peluru kaliber 7.62 mm.

 

Range Rover Sentiel juga mampu menahan serangan lateral (ledakan) 15 kg TNT dan granat tangan DM51 hampir di semua sisi. Selain proteksi terhadap peluru dan ledakan, keunggulan terbesar mobil ini karena tampilan visualnya tidak berbeda dengan Range Rover Autobiography.

 

Rolls-Royce Phantom

 

Rolls_Royce_Phantom

 

Sejak awal berdiri pada awal abad ke-20, Rolls-Royce menjelma sebagai merek ultra-mewah bagi kalangan atas. Definisi mewah kemudian berkembang, dan tidak cukup tanpa fitur keselamatan yang mumpuni.

 

Alpine Armoring kemudian memodifikasi Rolls-Royce Phantom menjadi kendaraan mewah dan tangguh. Perusahaan asal Virginia, AS, tersebut menambahkan sejumlah fitur yang diklaim sebagai Rolls-Royce Phantom terbaik.

 

Bodi Phantom diperkeras lewat aplikasi baja 4 mm dan multi-layered 40 mm polikarbonat. Lapisan ‘baju besi’ termasuk untuk melindungi baterai mesin dan modul komputer. Hasil penambahan plat tersebut, bobot Phantom bertambah jadi 3.537 kg.

 

Mercedes-Maybach S600 Guard

 

Mercedes-Maybach-S600-Guard

 

Mercedes-Maybach memperkenalkan S600 Guard generasi baru pada (22/2) lalu. Merupakan mobil sipil perdana di dunia yang mengantungi label V10. Status yang menjadikan mobil ini sebagai sedan mewah paling aman sedunia.

 

Sasis S600 Guard dirancang untuk mengatasi ancaman dari segala sisi termasuk kolong mobil. Kaca anti-peluru dibuat dari bahan aramid (serat sintetis) campuran polyethylene (plastik) dan dilapisi polycarbonate.

 

Pabrikan mengklaim, selain tahan peluru yang dilontarkan senjata serbu, mobil juga aman dari ledakan karena telah mendapat bersertifikat Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010.

 

Di Indonesia, S600 Guard dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak menjabat sebagai Kepala Negara. Unit yang dipakai ialah produksi 2008. Mobil tersebut belum ‘seistimewa’ S600 Guard baru. Namun ‘cukup’ untuk melindungi Jokowi jika ada serangan teroris.[dp/Gls]