Honda Clarity - FCV

 

Tokyo, SolusiMobil.com - Honda Motor, yang memulai penjualan sedan Fuel Cell-nya ‘Clarity’ di Jepang, mengatakan bahwa kerja sama dengan General Motors akan membantu membuat biaya kendaraan bertenaga hidrogen turun ke tingkat hibrida dalam dekade berikutnya.

 

Kemarin di Tokyo, Presiden Takahiro Hachigo mengatakan bahwa pabrikan mobil Jepang dan AS sedang mempelajari untuk produksi dan pengadaan bersama terhadap komponen fuel cell dengan tujuan menurunkan biaya untuk kesamaan kondisi dengan hybrid pada tahun 2025. Honda mengatakan bahwa sedan Clarity yang memiliki jangkauan berkendaraan terbaiknya, di antara kendaraan dengan emisi nol, pada 466 mil dengan menggunakan standar Jepang.

                             

Honda memulai penjualan Clarity dengan harga ¥ 7.660.000 ($ 67.000) kepada pemerintah dan perusahaan lokal di Jepang sebelum menawarkan mobil tersebut untuk pelanggan eceran. Honda, Toyota Motor dan Hyundai Motor sedang menjagoi kendaraan fuel cell (FCV; fuel cell vehicle) untuk menghilangkan emisi yang dikeluarkan dari pipa knalpot sementara menawarkan jangkauan dan pengisian ulang bahan bakar yang mirip dengan mesin pembakaran internal. Kekurangan dari FCV ini meliputi biaya yang lebih tinggi dan kurangnya stasiun (pengisian) hidrogen.

 

Dari website resmi Honda dikatakan bahwa harga awal penjualan untuk mobil Honda model hybrid ini di Jepang berkisar dari ¥ 1.690.000 ($ 15.000) untuk kendaraan kompak Fit sampai ¥ 6.800.000 ($ 60,000) untuk sedan Legend. Seperti Toyota Mirai, tangki hidrogen Honda Clarity ini dapat mengisi bahan bakar dalam waktu sekitar tiga menit. Proyek-proyek Honda ini menjual 200 unit dalam model tahun pertamanya yang dijual di Jepang.

 

Harga Toyota Mirai. Toyota Mirai mulai dijual dengan harga ¥ 7.240.000 dan memenuhi syarat untuk sekitar 2,3 milyar yen dalam pemotongan pajak. Seperti bulan lalu, Toyota memperkirakan tanggal pengiriman dari 2019 atau selanjutnya bagi pelanggan untuk membuat order bagi sedan tersebut pada situs resminya.

                              

Honda berencana untuk memulai penyewaan Clarity di California sebelum akhir tahun ini untuk kurang dari $ 500 per bulan dan akan menjual mobil itu dengan harga sekitar $ 60.000. Pengiriman di Eropa juga dijadwalkan mulai pada akhir 2016.

 

Tindakan Honda lainnya yang akan meningkatkan skala dan lebih menurunkan harga adalah menggunakan platform yang sama yang mendukung Clarity bagi kendaraan model plug-in hybrid-nya karena usaha meraih pasar AS pada tahun 2018. Kendaraan itu akan memiliki jangkauan berkendaraan secara elektrik sekitar 40 mil.

 

Ditambahkan dalam perkataannya oleh Hachigo bahwa Honda juga sedang dalam pembicaraan dengan GM akan potensi untuk memperpanjang kerjasama mereka terhadap kendaraan listrik, artificial intelligence atau teknologi lainnya. [tm]