Sepeda tanpa awak (ilustrasi)

 

SolusiMobil.com - Catatan bagi Sparky Automotive yang berbasis di Inggris: jika anda akan mengalihkan penekanan produk anda, anda mungkin harus membuatnya lebih jelas pada halaman Facebook anda. Kongres Green Car mengatakan bahwa perusahaan yang berbasis di London ini sedang melirik kelompok pendanaan untuk menghasilkan uang bagi sepeda listrik otonomnya. Pada mulanya, perusahaan ini sebelumnya sudah menargetkan baterai listrik kendaraan hatchback sebagai prototipenya. Tapi, seperti yang kita semua tahu, kendaraan dengan dua roda lebih murah daripada empat.

 

Perusahaan ini, yang dipimpin oleh lulusan Universitas Brunel London, melemparkan ide sebuah sepeda listrik otonom. Dan sementara ketidakwajaran di antara kita mungkin diingatkan pada kuda tanpa penunggang yang kadang menyertai prosesi pemakaman, ide di balik konsep ini sebenarnya sedikit agak cerah. Sparky mengatakan bahwa sepeda listrik tanpa pengendara dapat digunakan untuk mengirimkan paket kecil di seluruh daerah perkotaan dan daerah yang super padat seperti, katakanlah, London. Berkat teknologi giroskop yang sama dengan yang digunakan oleh Segway dan sebuah alat yang unik dengan kamera yang terpasang pada stangnya, sepeda-sepeda dalam keadaan kosong harus tetap tegak selama pengoperasian mereka yang sudah ditetapkan. Bagaimanapun juga, timbul pertanyaan, apa rencananya jika dipastikan sepeda itu jatuh.

 

Ada banyak hal lain di luar sana tentang konsep e-bike tanpa pengendara karena pada awalnya Sparky difokuskan pada konsep yang berbeda: sebuah kendaraan listrik hatchback dengan tiga pintu yang dikatakan perusahaan akan bisa pergi sejauh 160 mil dengan baterai terisi penuh.

 

Anehnya, ide sepeda listrik otonom tersebut telah mendapatkan beberapa daya tariknya juga. Pada bulan Januari, sesuatu yang disebut sebuah kendaraan listrik yang meyakinkan disingkapkan di booth DENSO pada konferensi CES. Konsep itu dirancang di MIT dan secara teoritis akan ‘bergerak sendiri’ menuju daerah perkotaan di mana terdapat permintaan yang sangat tinggi, baik untuk pengiriman atau untuk orang-orang yang perlu melakukan perjalanan jarak pendek. Seperti e-bike Sparky, tidak ada dikeluarkannya spesifikasi tentang seberapa jauh ia dapat pergi pada satu penugasan. [tm]