Logo Pininfarina dan Mahindra

 

SolusiMobil.com - Pabrikan SUV terbesar di India, Mahindra & Mahindra, telah mengkonfirmasi akan membeli perancang mobil Italia Pininfarina. Kesepakatan pembelian itu bernilai sekitar 168 juta Euro (sekitar 185 juta Dolar).

 

Penjualan tersebut diharapkan terjadi selama semester pertama di 2016. Setelah penyerahan/pelepasan, Pininfarina akan tetap menjadi perusahaan independen yang terdaftar di Milan.

                               

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Mahindra juga akan menginvestasikan 20 juta Euro di Pininfarina karena perusahaan perancangan ini berjuang untuk lepas dari utangnya bertahun-tahun. Perusahaan Italia ini tetap tidak menguntungkan selama 10 tahun dari 11 tahun terakhir dan tidak berapa lama telah menutup divisi yang membangun mobil-mobil untuk produsen lain. Grup Mahindra mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa akan mendapatkan keuntungan dari pengaruh kuat Pininfarina di Italia dan Jerman serta di AS dan China.

 

Anand Mahindra, ketua Grup Mahindra, mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa rancangan high-end yang terpercaya dari sang legendaris Pininfarina akan secara signifikan meningkatkan kemampuan merancang dari seluruh grup Mahindra, kepekaan konsumen saat ini terhadap rancangan cenderung meningkat, pilihan pelanggan akan sangat dipengaruhi oleh rancangan produk.

 

Mahindra telah memiliki hubungan tetap dengan Pininfarina, sejak kedua perusahaan ini telah bekerja sama pada SUV serta mobil konsep sport listrik ‘Halo’ yang memulai debutnya tahun lalu. Mahindra juga baru-baru ini mengambil alih pabrikan mobil Korea Selatan Ssangyong dan unit sepeda motor dari PSA Peugeot Citroen. [tm]