Volvo Polestar

SolusiMobil.com - Volvo V60 Polestar baru resmi diluncurkan. Beberapa peningkatan dilakukan agar mobil tersebut tampil lebih segar.

 

Sejatinya Model V60 sendiri adalah wagon 5 pintu yang dibuat berbasiskan sedan keluarga S60, pertama kali diluncurkan pada 2011 dan mendapatkan update ditahun 2014. Sementara Polestar merupakan divisi racing Volvo yang bertugas untuk membuat mobil berperforma tinggi. Nah, ubahan terkini apa saja yang dilakukan Volvo sehingga akhirnya FIA tertarik untuk memilih mobil ini menjadi safety car pada ajang World Touring Car Championship (WTCC) 2016?.
 
1. Mesin 3000cc 6-silinder dipensiunkan dan diganti dengan mesin 2000cc 4-silinder turbocharger. Powertrain anyar berteknologi twin-charger alias turbo+supercharger sekaligus ini bahkan didukung oleh ukuran turbo dan air intake yang lebih besar, connecting rod dan camshaft baru, serta fuel pump dengan kapasitas lebih banyak.
 
volvo-v60-polestar-2
 
2. Tenaga lebih garang. Mesin baru menghasilkan output tenaga 362bhp, lebih besar 12bhp dibanding pendahulunya, meskipun torsi 347lb ft mengecil jika dibanding 369lb ft pada mesin sebelumnya.
 
3. Akselerasi lebih cepat. Dengan turbo BorgWarner, transmisi 8 percepatan, serta sistem penggerak 4WD yang disetel untuk menyalurkan tenaga lebih banyak keroda belakang, kini akselerasi 0-100kpj hanya membutuhkan 4,8 detik, lebih cepat 0,2 detik dari predesornya.
 
volvo-v60-polestar-3
 
4. Memiliki DNA racing. Ya, dikarenakan V60 baru tersebut menggunakan sasis dan mesin sama dengan model S60 racer yang dipakai oleh Polestar Cyan Racing Team untuk berlaga di WTCC. Tentunya bobot mobil juga berkurang hingga 24kg pada as depan dan 20kg lebih ringan dibagian belakang.
 
5. Velg alumunium 20 inci plus ban baru. Tidak ketinggalan peningkatan pada sistem pengereman yang sekarang menggunakan disc brake berukuran 371mm.
 
volvo-v60-polestar-4
 
6. Poin terakhir mungkin subyektif karena model wagon atau estate bukan selera semua orang. Namun Volvo V60 Polestar baru terlihat sama kerennya, bahkan mungkin lebih keren dibanding pendahulunya dengan peningkatan performa serta tampilannya.[tg/tm]