Bugatti Chiron

SolusiMobil.com - Bugatti Chiron telah resmi meluncur di Geneva Motor Show pada bulan Maret lalu. Lalu apakah sebagai penerus ia dapat menandingi kesuksesan Veyron?

 

Jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin masih harus dibuktikan dengan data penjualan dan opini dari konsumen, penggemar, serta jurnalis otomotif. Namun setidaknya menurut kami ada fakta-fakta menarik mengenai mobil ini, berikut beberapa diantaranya:
 
1. Identitas Chiron berasal dari nama salah seorang pembalap Bugatti Gran Prix yang sukses ditahun 1920 sampai 1930an, Louis Chiron.
 
2. Ketika diumumkan sehari sebelum berlangsungnya Geneva Motor Show, Chiron adalah mobil non-modifikasi bertenaga terbesar yang pernah dibuat, output mesinnya dapat mencapai 1.478hp. Namun sayang gelar tersebut hanya bertahan sebentar saja, karena 12 jam kemudian Koenigsegg Regera versi produksi diluncurkan dengan tenaga 1.500hp. Akan tetapi terlepas dari perebutan tahta tersebut, toh Chiron sudah memiliki tenaga 25% lebih besar dibanding Veyron. Ditambah dengan torsi sebesar 1.180 lb-ft, maka ia dapat melesat dari 0-100kpj hanya dalam 2,5 detik, 0-200kpj dalam 6,5 detik, dan 0-300kpj dalam 13,6 detik.
 
bugatti_chiron_2
 
3. Top speed mobil ini bahkan melebihi perkiraan Bugatti sendiri. Kecepatan Chiron memang dibatasi secara elektronik hanya 420kpj, namun Bugatti mengklaim mobil ini dapat mencapai 450kpj yang diraih ketika dites pada sirkuit Ehra-Lessien milik Volkswagen. Lalu kenapa kecepatan monster ini perlu dibatasi? satu-satunya yang menghalangi untuk meraih akselerasi puncak saat ini adalah faktor ban. Ban Michelins khusus yang dipakai sekarang inipun masih dapat terbakar jika Chiron dipacu pada kecepatan puncak dalam waktu yang agak lama.
 
bugatti_chiron_3
 
4. Chiron bukanlah sebuah mobil Hybrid. Ketika beberapa pabrikan besar lain mengandalkan teknologi hybrid untuk membuat supercar/hypercar seperti McLaren P1, Ferrari LaFerrari, dan Porsche 918, namun tidak demikian dengan Bugatti. Gantinya mengaplikasikan sistem hybrid, mereka masih memakai resep tradisional, yaitu mesin besar dengan silinder, turbo, serta radiator yang luar biasa banyaknya untuk sebuah mobil.
 
bugatti_chiron_4
 
5. Resep Bugatti untuk menciptakan sebuah monster. Kekuatan serta kecepatan Chiron berasal dari pilihan Bugatti untuk memberikannya jantung sebesar 8.000cc 16 silinder yang dilayani oleh 32 injektor plus 4 turbo untuk memasok bahan bakar, tidak ketinggalan 10 buah radiator untuk mendinginkan panas yang terjadi untuk membangkitkan tenaganya. Alhasil dengan spesifikasi tersebut, anda harus mengosongkan sekitar 2,6 juta dollar dari rekening bank anda jika ingin memboyongnya.[tg/tm]