Bekerja dengan bersepeda di Milan

 

SolusiMobil.com - Tantangan serius terhadap polusi dari kendaraan-kendaraan bermotor sedang dihadapi banyak kota-kota besar di seluruh dunia, khususnya polusi yang dihasilkan oleh mesin diesel dengan emisinya. Oleh karena kondisi tersebut, membuat banyak kota-kota besar itu dipakasa untuk melakukan sesuatu yang kreatif dalam memerangi polusi tersebut. 

 

Di Italia, kota-kotanya berlomba-lomba untuk mendapatkan bagian mereka sebesar 35 juta Euro (hampir 39 Dolar AS) dimana pemerintah belum lama ini sudah mengumumkan solusi mobilitas yang berkelanjutan. Milan telah memerangi permasalahan dengan kualitas udara, dan telah merespon dengan mendorong masyarakatnya bersepeda atas inisiatif seperti bikesharing. Sekarang, Pierfrancesco Maran, penasihat masalah mobilitas kota Milan, menginginkan untuk menggunakan beberapa dana pemerintah untuk menganjurkan orang untuk menghindari penggunaan mobil mereka dengan membayar mereka untuk pergi bekerja dengan sepeda.

                                                    

Dengan mengikuti jejak kaki, atau lebih tepatnya jalur sepeda, dari prakarsa yang serupa seperti di Perancis dan kota Italia kecil Massarosa, Milan sedang mencari cara untuk mengganti rugi orang-orang yang memilih bersepeda ketimbang berkendaraan dengan mobilnya. Tantangannya termasuk mengikuti/melacak pengguna sepeda untuk memastikan mereka benar-benar bersepeda untuk bekerja. Berkendaraan pada lalulintas di kota Milan yang macetpun sulit. Selain itu, jumlah kas sederhana tidak akan mungkin menjadi insentif untuk membuat perbedaan yang sedang dicari Milan. Para pengusaha yang menawarkan parkir gratis atau mobil perusahaan bagi karyawannya, dan berusaha keras untuk merubah kebiasaan orang sudah biasa digunakan, ini menjadi hambatan yang serius dalam mendorong orang merubah kebiasaan menginjak pedal mobil.

 

Perbaikan infrastruktur tampaknya menjadi cara terbaik untuk membuat orang bersepeda, dan merupakan tambahan berharga bagi insentif ekonomi. Di Kopenhagen, misalnya, hanya 6% orang bekerja dengan bersepeda untuk menghemat uang, dan hanya 1% melakukannya demi lingkungan. Di sisi lain, 56% melakukannya karena itu cara termudah dan tercepat untuk bepergian. Sisi lingkungan itu merupakan insentif bagi para politisi di kota-kota yang tercemar, dan tugas mereka adalah mencari cara lain untuk membuatnya berharga bagi masyarakat. Sedangkan di Milan, tantangannya banyak, Maran mengharapkan bahwa dengan sedikit uang, dan bantuan para ahli mobilitas, ia dapat menemukan cara untuk membuat skema bekerja dengan bersepeda karyanya. [tm]