Aeolus A9

 

SolusiMobil.com - Perusahaan China Dongfeng Motor telah memamerkan sedan baru andalannya, Aeolus A9, yang menggunakan platform dari mitra patungannya, PSA/Peugeot-Citroen. Aeolus A9 dikembangkan pada platform Citroen C5. Kendaraan ini berbagi jalur produksi dengan C5 di pabrik perakitan Dongfeng Peugeot Citroen di Wuhan.

 

Kendaraan ini juga menggunakan mesin turbocharged bensin 1.8-liter yang dipasok oleh Perusahaan Dongfeng Peugeot Citroen Automobile, perusahaan patungan 50-50 antara Dongfeng dan PSA. Aeolus A9 merupakan sedan kedua Dongfeng yang telah dikembangkan dengan teknologi PSA dan selanjutnya mengukuhkan kemitraan antara kedua pabrikan mobil tersebut. Dongfeng membayar 800 juta Euro untuk saham 14% pada pabrikan mobil Perancis ini di tahun 2014 sebagai bagian dari penjamin keuangan.

 

Pada bulan Maret tahun lalu, pabrikan mobil milik negeri ini meluncurkan penjualan sedan kompak Aeolus L6, yang dibangun di atas platform Citroen C4. Sedan ini juga dirakit oleh Dongfeng Peugeot Citroen. Dongfeng, yang berbasis di Wuhan, merupakan produsen truk Cina terkemuka. Perusahaan ini mulai membangun kendaraan penumpang dengan merek Aeolus pada tahun 2009.

 

Selain dari A9 dan L6, campuran produk merek Aeolus Dongfeng ini meliputi sedan kompak S30 dan A60, crossover AX7 dan mobil listrik E30L. Pada bulan Januari, penjualan merek Aeolus melonjak 37% tahun ke tahun hingga 20.557 unit untuk permintaan yang kuat terhadap AX7 itu. Patungan PSA dengan perusahaan Cina lainnya, Changan PSA Automobile, memproduksi barisan model DS yang mewah. [tm]