SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tampak bagai usaha yang sia-sia - tidak ada sopir yang menjalaninya, dan tidak ada sensai yang didapat dari mobil itu. Tapi beberapa siswa yang melakukan penelitian dengan menguji Shelley, nama mobil balap self-driving Audi TTS milik Universitas Stanford, mendapatkan sejumlah hasil yang bagus dari mobil itu. Chris Gerdes, seorang Profesor di Universitas Stanford, mengatakan bahwa seorang pembalap mobil dapat menggunakan semua fungsi pada mobil untuk melajukan mobilnya dengan cepat. Gerdes menambahkan bahwa dia dan tim ingin mengakses fungsi yang sama pada mobil itu untuk membuat berkendaraan lebih aman.

 

Tim memacu mobil pada kecepatan mencapai lebih dari 120 mph dan komputer telah membuat beberapa putaran hampir secepat pengemudi profesional. Namun, mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk manuver pada kecepatan 50 sampai 75 mph, di mana kecelakaan yang paling mungkin terjadi. Dengan begitu, siswa dapat mencari cara untuk menggabungkan rem, gas dan manuver untuk menghasilkan algoritma otomatis jenis baru dari pengelakan terhadap tabrakan. Teknologi yang lebih baik ini, misalnya, dapat menyelamatkan Google dari kecelakaan pada kecepatan rendah baru-baru ini di mana kendaraannya ditabrak oleh sebuah bus.

 

Selama hari perlombaan, siswa masuk ke tim untuk melakukan berbagai jenis penelitian. Gerdes mengatakan bahwa setelah berada di lintasan, dapat terjadi sesuatu yang berbeda dari yang diharapkan. Jadi hal ini merupakan pelajaran yang sangat baik bagi rencana selanjutnya. Pada putaran terakhir dari pengujian, misalnya, salah satu mahasiswa PhD mengembangkan algoritma perubahan jalur darurat, sementara yang lain mencatat pengemudi manusia yang terampil dalam upaya untuk mengkonversi perilakunya menjadi algoritma pengemudian. Tujuan utama, tentu saja, adalah untuk mempersiapkan siswa terhadap sesuatu yang mungkin tidak mereka harapkan - industri otomotif yang mengadopsi teknologi self-driving dengan kecepatan sangat tinggi. [tm]