Polusi di Mexico City

 

Mexico, SolusiMobil.com - Kadang-kadang, ketika polusi daerah setempat menjadi sangat buruk, langkah-langkah yang drastis harus diambil untuk mengurangi bahaya bagi kesehatan masyarakat. Dengan demikian, Mexico City merupakan yang paling baru memberlakukan beberapa bentuk pembatasan mengemudi dalam menanggapi tingkat polusi yang tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir, terlihat tindakan serupa yang diambil di kota-kota seperti Beijing, Bogota, New Delhi, Milan, Roma dan Paris.

 

Bagi Mexico City, bagaimanapun, hal ini secara khusus seperti kembali mengerjakan kebiasaan lama yg tercela yang menyedihkan. Kembali ke tahun 1992 selagi kota ini menjadi kota yang paling terpolusi di dunia, berbagai upaya yang dilakukan, untuk membersihkan mobil dan meningkatkan kualitas udara, membuat perbedaan besar. Berkat pemeriksaan dan kebijakan terhadap kabut asap untuk menarik kendaraan tua dari pengoperasian dan kendaraan yang mengeluarkan polusi berlebih, para pejabat tidak perlu mengeluarkan peringatan polusi di Mexico City selama 11 tahun. Tahun lalu, bagaimanapun, pemerintah bersikap tenang terhadap pembatasan tersebut.

                                      

Minggu ini, seperti gunung-gunung di sekitarnya yang menjadi perangkap udara kotor di lembahnya dimana ibukota negara berada, Mexico City melarang lebih dari satu juta kendaraan dari jalan dikarenakan tingkat ozon sudah hampir dua kali lipat dari batas yang dapat diterima. Ironisnya, ini terjadi hanya sesaat setelah kota ini menjadi tuan rumah balapan Formula E. Pemerintah bahkan mempertimbangkan untuk menutup pengoperasian industri sampai kualitas udara membaik. Untuk membantu meyakinkan orang untuk menghentikan mobil mereka, pemerintah kota menawarkan bagi warga gratis menaiki bus dan kereta bawah tanah. Menurut Walikota, Miguel Ángel Mancera, bahwa disayangkan hanya sekitar 800.000 mobil yang mengikuti aturan pelarangan, dan peringatan terhadap polusi bertahan sampai empat hari sebelum akhirnya dicabut pada Kamis lalu, meskipun tingkat ozon yang berlebihan terus berlangsung.

 

Menurut Alejandro Pacchiano, sekretaris lingkungan, bahwa di masa mendatang, Mexico City akan meninjau kembali langkah-langkah pengendalian polusi yang diharapan untuk menghindari terjadinya krisis yang lain. Diperkirakan bahwa sikap tenangnya aturan polusi akhir-akhir ini telah menambahkan 1,4 juta unit tambahan mobil ke jalan. [tm]